oleh

6 Ciri WA Disadap dan Cara Mengatasinya

Whatsapp menjadi aplikasi mengirim pesan yang banyak digunakan oleh seluruh masyarakat di seluruh dunia. Whatsapp Memiliki hampir sekitar 2,6 miliar pengguna aktif setiap bulan.

Whatsapp memiliki banyak fitur yang mempermudah penggunanya dalam berkomunikasi. Selain itu juga memiliki fitur keamanan untuk melindungi data pengguna.

WhatsApp memiliki beberapa fitur keamanan WhatsApp verifikasi dua langkah, fitur sidik jari, dan fitur enkripsi end-to-end (ujung ke ujung).

Namun, meskipun demikian banyak juga pihak yang tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja melakukan tindakan penyadapan Whatsapp.

Modus kejahatan terbaru di WhatsApp sering terjadi saat ini adalah penyadapan akun lewat metode social engineering.

Cara yang digunakan peretas yakni login WhatsApp menggunakan nomor pengguna, lalu mereka akan mengelabui pengguna lewat pesan supaya mau mengirimkan kode OTP.

Apabila pengguna mengirimkan kode tersebut, akun WhatsApp miliknya akan diambil alih oleh peretas.

Untuk mencegah akun Whatsapp anda diretas atau disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Maka, ada beberapa ciri atau tanda yang harus anda ketahui.

Ciri Whatsapp Disadap:

1. Kiriman Kode OTP

Jika anda mendapati akun Whatsapp anda tiba-tiba logout sendiri, kemudian menerima SMS kode OTP. Hati-hati Whatsapp anda telah disadap. Seseorang yang tidak bertanggung jawab mungkin tengah mengakses akun anda di perangkat lain.

Agar orang tersebut bisa masuk ke dalam akun, mereka harus mengisikan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS ke nomor yang dimasukkan saat login.

Karena itu jangan memberikan kode OTP yang diterima kepada siapapun, termasuk orang dekat. Karena terkadang hacker punya banyak cara licik untuk mendapatkan kode tersebut. Biasanya modusnya adalah mengirimkan pesan, berpura-pura salah kirim kode dan minta dikirim balik kodenya.

BACA JUGA: Curiga Pasanganmu Selingkuh? 3 Aplikasi Sadap WA Ini Akan Membantumu

2. Whatsapp Mengirim Pesan Tanpa Anda Ketahui

Ciri lainnya jika akun whatsapp anda telah disadap adalah anda menemukan bahwa akun WA anda telah mengirim pesan ke kontak tertentu namun anda tidak merasa mengirim pesan WA tersebut.

3. Pesan Terbaca Tanpa Sepengetahuan Anda

Salah satu tanda jika Whatsapp anda telah disadap adalah anda menemukan pesan telah terbaca padahal anda tidak merasa telah membaca pesan WA tersebut.

4. Profil Whatsapp Berubah Sendiri

Profil akun WhatsApp berubah sendiri, berbeda dengan pengaturan Anda. Perubahan ini bisa diperiksa lewat menu “Pengaturan” Whatsapp dan klik ikon profil. Apabila nama akun berubah padahal Anda tidak menggantinya, bisa jadi WhatsApp Anda telah disadap dan diganti profilnya.

5. Akun Whatsapp Logout (Keluar) dengan sendirinya

Akun WhatsApp tiba-tiba logout dengan sendirinya, padahal Anda sedang tidak melakukan pengaturan untuk mengeluarkan akun tersebut.

Biasanya akan muncul notifikasi mencurigakan sebagai berikut, “Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda.”

Jika anda tidak merasa memasukkan nomor Whatsapp yang sama ke perangkat lain, baiknya langsung tekan verifikasi agar akun Whatsapp tidak berpindah ke ponsel lain.

6. Akun Whatsapp anda Terlihat Aktif di Perangkat Lain

Saat terhubung ke WhatsApp versi web, Anda bisa memeriksa perangkat mana saja yang tertaut dengan akun tersebut pada opsi “Perangkat Tertaut” di aplikasi WhatsApp ponsel.

Cara Mengatasi Whatsapp yang Disadap

Jika anda menemukan satu atau beberapa ciri atau tanda Whatsapp seperti di atas, maka ada beberapa cara mengatasi yang bisa anda coba lakukan, diantaranya yakni:

1. Install Ulang Aplikasi Whatsapp Anda

Saat mengetahui bahwa akun WhatsApp Anda tiba-tiba logout dari perangkat, Anda bisa mencoba untuk menginstal ulang aplikasi. Caranya hapus aplikasi WhatsApp, kemudian unduh dan instal kembali.

Saat membuka WhatsApp, login dengan menggunakan nomor WhatsApp yang telah diretas tadi. Anda bakal diminta verifikasi akun dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor tersebut.

2. Melaporkan Ke Alamat [email protected]

Apabila dengan cara di atas belum berhasil, Anda bisa melaporkan langsung peretasan tersebut melalui e-mail ke alamat [email protected]

Anda bisa menyampaikan detail kronologi kejadian, termasuk kapan dan kemungkinan bagaimana akun diretas. Setelah itu, tim WhatsApp bakal melalukan investigasi terkait laporan Anda untuk mengidentifikasi pola peretasan.

Semakin cepat pengguna melapor maka proses pemulihan akun WhatsApp juga bakal berjalan dengan cepat. Agar menghindari masalah akun WhatsApp anda disadap, jangan lupa juga untuk mengaktifkan fitur Verifikasi Dua Langkah.

Fitur tersebut bakal memberikan pengamanan ekstra saat ada orang yang mencoba login menggunakan akun WhatsApp Anda, dengan memasukkan pin tambahan yang berisi enam digit angka.

Fitur ini bisa diaktifkan di dalam opsi “Akun” pada menu pengaturan di aplikasi WhatsApp. Dengan mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah, Anda bakal diminta untuk memasukkan pin pengaman tambahan selain kode OTP, saat hendak login akun di WhatsApp.

BACA JUGA: Bahaya WhatsApp Aero, Beda dengan WhatsApp Biasa

Komentar