7 Cara Ampuh Merawat Baterai Laptop Agar Awet sampai Bertahun-tahun

1. CHARGE BATERAI ATAU LAPTOP BARU TERLEBIH DAHULU

Penjagaan baterai laptop dimulai sejak awal ketika anda membeli laptop baru ataupun ketika membeli bateri baru untuk menggantikan baterai lama anda yang sudah rusak .

Biasanya kalau anda pergi ke toko untuk membeli laptop, penjaga toko pasti akan bilang “ laptop ini atau baterai laptop ini harus di charge dulu 8 jam, sebelum 8 jam selesai charge jangan digunakan terlebih dahulu” perkataan ini lah yang selalu keluar dari mulut mereka.

Mungkin kebanyakan di antara kita mengabaikannya karena kita sudah tidak sabar ingin segera mengggunakan laptop baru tersebut. Sama seperti handphone, baterai laptop juga perlu di charge sekurang-kurangnya 8 jam untuk pertama kali sebelum digunakan.

2. OVERCHARGING

Jangan terlalu lama mengecharge laptop (overcharging), karena akan menyebabkan laptop menjadi kepanasan dan mengurangkan kualitas baterai. Cabut charger apabila indikator sudah menunjukkan baterai sudah 100% penuh (fully charged). Jangan dibiarkan charger masih terhubung dengan laptop sampai berjam-jam apabila baterai sudah penuh.

3. JANGAN CABUT BATERAI SESUKA HATI

Jangan cabut baterai ketika baterai sedang dicharge atau laptop masih dalam kondisi menyala. Jika ingin melepas baterai pastikan laptop dalam keadaan shutdown (bukan sleep atau hibernate) atau cabut charger.

BACA JUGA: Tombol Keyboard untuk Mempercepat Proses Mengetik di Microsoft Word

4. JANGAN MELETAKKAN LAPTOP DI ATAS PERMUKAAN FABRIK

Jangan menggunakan laptop diatas permukaan fabrik seperti tilam, bantal, selimut dan sebagainya, karena tidak baik untuk bateri dan laptop anda. Ini karena permukaan fabric menyebabkan laptop menjadi terlalu panas sehingga menyebabkan baterai laptop anda untuk lebih cepat rusak bahkan laptop pun juga akan lebih cepat rusak.

 5. JANGAN BIARKAN BATERI ANDA 0% ATAU 100% JIKA TIDAK DIGUNAKAN DALAM JANGKA WAKTU YANG LAMA

Sekiranya anda tidak ingin menggunakan baterai dalam waktu lebih dari 1 minggu, pastikan anda menyimpan sekurang kurangnya 50% isi dalam bateri itu. Jika anda tinggalkan dengan isi baterai yang penuh (100%), baterai akan mengembang. Jika baterai tidak terisi (0%), di khawatirkan baterai tidak bisa lagi dicharge..

6. JANGAN TERLALU LAMA DAN SERING CHARGE BATERAI

Tinggalkan kebiasaan terlalu lama atau sering mengecas bateri. Setiap bateri laptop mempunyai jangka waktu lebih kurang 300-500 putaran (cycle) cas. Bila anda menggunakan kuasa bateri penuh (100%) sehingga habis (10%) dan kemudian cas sehingga indicator menunjukkan bateri sudah penuh atau fully charged 100% di hitung 1 putaran (cycle) cas.

Jangan menggunakan baterai sampai baterai habis sama sekali atau 0%. Tinggalkan sekurang-kurangnya 10% dari isi baterai yang ada. Lebih baik jika anda menggunakan bateri sehingga habis (10%) dan cas sampai penuh (fully charged 100%).

7. HINDARI MENGGUNAKAN LAPTOP DI LINGKUNGAN YANG PANAS

Pastikan anda tidak meninggalkan laptop atau baterai anda di dalam kereta yang panas sepanjang hari. Atau meletakannya diatas permukaan yang panas.

Komentar