oleh

Apa itu Saturasi Oksigen Normal? Simak Cara Meningkatkan Saturasi

MataMataDot.com || SurabayaSaturasi oksigen adalah jumlah kadar oksigen yang ada dalam darah. Dalam keadaan normal atau sehat, angka batas minimal saturasi oksigen normal adalah 95 persen hingga 100 persen.

Alat mengukur saturasi oksigen seseorang dengan alat yang bernama oximeter. Cara pengukurannya dengan cara menjepitkan oximeter pada jari tangan.

Melansir akun resmi Instagram Kementerian Kesehatan (Kemenkes), cara meningkatkan saturasi oksigen dalam darah agar normal kembali salah satunya dengan teknik proning.

Apa itu Proning? Proning adalah cara meningkatkan saturasi oksigen pada pasien yang mengalami sesak napas secara efektif. Dalam dunia medis, caranya dengan posisi tengkurap.

Kenapa meningkatkan saturasi oksigen dengan cara posisi tengkurap? Alasannya, sebab pada posisi tersebut oksigenasi lebih mudah.

Simak 3 cara meningkatkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah dengan teknik proning sebagai berikut :

1. Anda berbaring tengkurap di atas alas. Pastikan menggunakan bantal di bawah leher, panggul, dan kaki. Lakukan posisi ini selama 30 menit.

2. Pada posisi kedua, berbaring menyamping. Pastikan alas dan bantal di bawah leher, panggul, dan jepit di antara kedua kaki. Lakukan posisi ini selama 30 menit.

3. Kemudian, Anda duduk dengan kaki selonjor lurus ke depan dan badan menempel dinding. Gunakan penyangga bantal dalam posisi duduk. Lakukan hal ini selama 30 menit, sama seperti dua posisi sebelumnya.

Perhatian : selama melakukan teknik tersebut, upayakan berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Jika Anda sudah melakukan teknik tersebut, namun belum dapat meningkatkan saturasi oksigen dalam tubuh. Anda segera ke fasyankes terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. [Dot]

Komentar

Berita Terkait