oleh

Apple Resmi Rilis iPhone 13 Series & mini, Kepo Fitur Baru dan harganya?

SurabayaApple resmi rilis iPhone terbarunya yaitu iPhone 13 series dan mini. Apple menggelar launching tersebut secara virtual dalam sebuah acara bertema “California Streaming”, pada Selasa (14/9/2021) pagi waktu setempat atau Rabu (15/9/2021) dini hari WIB.

Rilis Penamaan Ponsel iPhone 13 ini, dalam rangka melanjutkan kesuksesan generasi pendahulunya iPhone 12 pada tahun lalu.

“Hari ini, kami bangga mengumumkan generasi iPhone terbaru kami, yaitu iPhone 13,” ujar CEO Apple, Tim Cook, dalam acara peluncuran.

Nampak, desain iPhone 13 hampir identik dengan iPhone 12. Hanya saja, Apple menerapkan sejumlah perbedaan, salah satunya adalah poni (notch) ikonik yang ukurannya kini lebih kecil.

Dalam kesempatan yang sama, VP iPhone Product Marketing Kaiann Drance mengatakan, Apple telah merombak modul kamera TrueDepth untuk memberikan area display lebih banyak.

“Merombak Modul kamera TrueDepth untuk memberikan area display lebih banyak. Kini, ukurannya 20 persen lebih kecil (daripada generasi sebelumnya),” kata Kaiann Drance.

Di dalam Notch Ikonik tersebut, ada kamera selfie 12 MP dan kamera inframerah untuk memindai wajah (Face ID). Lalu, berbagai sensor pendukung lainnya.

Lebih lanjut, Handphone iPhone 13 ini pada bagian depan, juga mempunyai ukuran yang sama dengan iPhone 12, yakni 6,1 inci.

Apple membekali Layar tersebut dengan teknologi panel Super Retina XDR DIsplay, tentunya 28 persen lebih terang dari generasi sebelumnya.

Kemudian, Tingkat kecerahan layarnya hanya sampai pada angka 800 nits, tapi saat sedang menonton konten HDR akan meningkat ke 1.200 nits.

Selain itu, Apple juga merombak desain kamera belakang iPhone 13. Pada generasi sebelumnya, susunan kamera belakang berbaris vertikal. Namun, kamera belakang iPhone 13 series berbaris secara diagonal.

Spesifikasi iPhone 13

Sama seperti iPhone 12, Apple membekali iPhone 13 dengan dua kamera belakang. Di antaranya kamera utama 12 MP (f/1.7) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.4, bidang pandang 120 derajat).

Salah satu fitur kamera baru adalah kehadiran sensor-shift OIS, fitur pengoptimalan serta penstabil gambar mumpuni yang hadir di iPhone 13.

Pada seluruh kamera kini tersedia pula fitur Night Mode, serta fitur Cinematic Mode yang dapat menerapkan efek bokeh ke perekaman video.

Sebelumnya, hanya dapat memakai efek bokeh untuk mode pemotretan gambar saja.

Secara hardware, Aplle memberikan tenaga iPhone 13 dengan chip terbaru, yaitu A15 Bionic. SoC tersebut kini difabrikasi dengan teknologi 5nm dan 50 persen lebih cepat dari pesaingnya.

Pada media penyimpanan, iPhone 13 kini tersedia dengan memori internal dengan varian terendah 128 GB, dua kali lipat lebih banyak daripada iPhone 12 dengan varian standar 64 GB.

Lalu, kapasitas storage pada Smartphone iPhone 13 adalah 256 GB dan tertinggi adalah 512 GB. Untuk aspek daya, iPhone 13 memiliki daya tahan 2,5 jam lebih lama daripada iPhone 12.

Spesifikasi iPhone 13 Mini

iPhone 13 Mini, identik namun lebih kecil
Selain iPhone 13, Apple turut menghadirkan iPhone 13 Mini, sebagai suksesor iPhone 12 Mini yang release pula tahun lalu.

Sebenarnya, Smartphone ini mempunyai tampilan, fitur, kamera, dan spesifikasi yang identik alias nyaris sama dengan iPhone 13. Hanya saja, layarnya lebih kecil, yaitu 5,4 inci.

Pada aspek daya, iPhone 13 Mini lebih awet 1,5 jam daripada generasi sebelumnya.

Sama seperti iPhone 12, baik iPhone 13 dan iPhone 13 Mini juga mempunyai tingkat ketahanan terhadap air dan debu dengan sertifikat IP68.

Di AS, iPhone 13 dan 13 Mini hadir dalam varian warna terbaru Pink, Blue, Midnight, Starlight, and Product (RED).

Harga iPhone 13 & iPhone 13 Mini

Apple membanderol Harga termurahnya 799 dolar AS (sekitar Rp 11,3 juta) untuk iPhone 13 dan 699 dolar AS (sekitar Rp 10 juta) untuk iPhone 13 Mini, alias sama dengan harga peluncuran iPhone 12 dan iPhone 12 Mini tahun lalu. [Dot]

Komentar

Berita Terkait