oleh

Bangun Jalan Tol Multifungsi, Jokowi Optimis Akan Berdampak Positif

matamatadot.com || Demak – Optimis bangun jalan tol multifungsi ruas Semarang-Demak akan berdampak positif bagi wilayah sekitar. Ungkapan Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan jalan tol yang berada di Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng) pada Jumat (11/6/2021).

Sebab, pembangunan jalan tol multifungsi ruas Semarang-Demak akan menghubungkan wilayah-wilayah sekitar Kabupaten Demak dan Kota Semarang. Dengan begitu memudahkan masyarakat untuk melakukan mobilitas.

Panjang jalan tol multifungsi Semarang-Demak mencapai 26,7 Km yang terdiri dari 2 seksi meliputi seksi 1 ruas Kaligawe-Sawung sepanjang 10,39 Km dan seksi 2 ruas Sayung-Demak sepanjang 16,31 km.

“Saya meninjau proyek jalan tol ruas Semarang-Demak. Ini merupakan bagian dari jaringan jalan tol Jawa koridor pantai utara (Pantura).”kata Presiden Jokowi melalui siaran virtual langsung dari Sekretariat Presiden (Setpres).

Tentunya, jalur ini menjadi alternatif utama masyarakat pengguna jalan baik roda dua maupun empat. Dan pembangunan infrastruktur jalan di atas memiliki dua keistimewaan yakni :

  1. Sebagai pengurai kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Kaligawe menuju ke Bandara Ahmad Yani.
  2. Ruas jalan tol ini bjsa sebagai pengendali banjir rob yang sering kali menggenangi wilayah sekitar ruas tol.

Sebab, menggunakan berbagai sarana dan prasarana meliputi tanggul laut, dam, dan kolam serapan yang mampu mencegah banjir.

“Keistimewaan jalan tol ini adalah multifungsi selain meningkatkan konektivitas jalan tol Semarang-Demak juga akan berguna untuk pengendalian banjir rob.” Terang Presiden.

Dengan demikian, tentunya akan menumbuhkan sentra-sentra perekonomian yang baru di sekitar wilayah pembangunan ruas tol. Harapannya, perekonomian Jateng menjadi semakin baik, karena akan mendongkrak dalam beberapa tahun ke depan.

Serta, menghubungkan Kota Semarang Kabupaten Demak, Kabupaten Rembang Kabupaten Tuban dan Kabupaten Gresik.” Pungkasnya. [mtm]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait