oleh

Berikan Layanan Antigen Gratis Bagi Santri di Batang, 139 Santri Sehat

matamatadot.com || Batang – Pemkab Batang berikan layanan Rapid Tes Antigen gratis bagi para santri. Sebentar lagi para santri akan kembali belajar ke Pondok Pesantren, sebagai satu prasyaratnya para santri harus memiliki hasil tes negatif Covid 19. Memahami hal tersebut pihak Pemkab Batang memfasilitasi Santri Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jatim. Dengan memberikan layanan rapid tes antigen gratis bagi santri sebelum kembali ke pondok untuk menuntut ilmu.

Berikan Layanan Antigen Gratis Bagi Santri

Tujuan berikan layanan Antigen gratis bagi santri di Batang. Menurut Bupati Batang Wihaji, sebab rapid tes antigen wajib bagi semua santri yang akan kembali ke Pondok Pesantren. Nanti tidak hanya kepada santri Lirboyo saja. Semuanya akan kita fasilitasi secara gratis.

“Alhamdulilah semuanya negatif dan tadi 139 santri kita berangkatkan.” Terang Bupati, selesai memberangkatkan santri Ponpes Lirboyo, di halaman PSC 119, Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Senin (24/5/2021).

Selain antigen gratis bagi santri, Kata Wihaji untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Tadi Dinas Kesehatan juga memberikan multivitamin.

“Ini pertama santri dari Ponpes Lirboyo yang kita berangkatkan, nanti juga menyusul santri dari ponpes lainnya,” Terangnya.

Bupati mengatakan, Sama juga Ponpes yang ada di Kabupaten Batang menerapkan rapid tes antigen bagi santri luar daerah.

“Khususnya para santri dari luar daerah yang akan kembali mengikuti pembelajaran di sejumlah ponpes di Batang juga sudah menjalani rapid tes antigen terlebih dahulu.” terangnya.

Rapid Tes Antigen Secara Gratis

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Batang, dr. Didiet Wisnuhardanto, layanan rapid tes antigen di berikan secara gratis oleh Dinas Kesehatan kepada para santri melalui 21 Puskesmas.

“Alhamdulillah hasilnya semua negatif, sebab jika ada yang positif mereka tidak boleh berangkat ke pondok,” Ungkapnya.

Kata dr. Didiet, meskipun sudah mendapat surat dari Dinkes bahwa kondisi santri negatif Covid 19, namun pihak Ponpes Lirboyo tetap melakukan pemeriksaan kembali. Dan protokol kesehatan (prokes) tetap melalui pemeriksaan secara ketat.

“Para santri kami berikan multvitamin untuk menjaga daya tahan tubuh,” Tuturnya.

Sementara Kapolsek Batang Kota AKP Akhmad Almunasifi, memberikan himbauan kepada para santri selalu menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid 19.

“Kami imbau mereka untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, menerapkan prokes, pola hidup yang sehat dan bersih di masa pandemi agar terhindar dari Covid 19,” pungkasnya. [mtm]

Komentar

Berita Terkait