oleh

Berlian Terbesar Ketiga di Dunia, Ditemukan di Botswana

Matamatadot.com || Botswana – Berlian Terbesar Ketiga di Dunia, Ditemukan di Botswana. Sebuah berlian 1.098 karat yang merupakan batu permata berkualitas terbesar ketiga yang pernah ditambang, telah ditemukan di Botswana.

Direktur pelaksana Debswana Diamond Company (Lynette Armstrong) menyerahkan berlian tersebut kepada Presiden Mokgweetsi Masi pada hari Rabu. Ini adalah yang terbesar ketiga di dunia, setelah batu Cullinan 3.106 karat yang ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905 dan Lesedi La Rona 1.109 karat yang digali oleh Lucara Diamonds di Botswana pada tahun 2015.

“Ini adalah berlian terbesar yang ditemukan oleh Debswana dalam sejarahnya selama lebih dari 50 tahun perusahaan kami beroperasi,” kata Armstrong.

“Dari analisis awal kami, itu bisa menjadi batu permata kualitas terbesar ketiga di dunia. Kami belum membuat keputusan apakah akan menjualnya melalui saluran De Beers atau melalui Perusahaan Berlian Okavango milik negara,” kata Armstrong.

Menteri Bidang Mineral Botswana, Lefoko Moagi, menyebut penemuan batu yang belum mendapat nama, yang berukuran panjang 73mm, lebar 52mm dan tebal 27mm ini terjadi pada masa yang krusial, saat penjualan berlian selama tahun 2020 anjlok akibat pandemi Covid-19.

Source: Reuters

Pemerintah menerima 80% pendapatan dari penjualan Debswana melalui dividen, royalti, dan pajak.

Produksi di Debswana turun 29% pada tahun 2020 menjadi 16,6 juta karat sementara penjualan turun 30% menjadi $2,1 miliar karena pandemi berdampak pada produksi dan permintaan.

Pada tahun 2021, Debswana berencana untuk meningkatkan produksi sebanyak 38% ke tingkat pra-pandemi sebesar 23 juta karat karena pasar berlian global pulih dengan pelonggaran pembatasan perjalanan dan pembukaan kembali perdagangan perhiasan.

Komentar

Berita Terkait