oleh

Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Hanya dengan Minum Air Putih

Sering minum air putih mungkin menjadi cara alternatif menurunkan berat badan yang ampuh dan mudah untuk dilakukan.

Penelitian Dennis et al, 2010 di Amerika Serikat telah menemukan bahwa pemberian 500 ml air putih 30 menit sebelum makan selama 12 minggu menurunkan berat badan dua kilogram lebih banyak dari pada kelompok yang tidak minum air putih sebelum makan. Selain penurunan berat badan penelitian Dennis et al, 2010 juga menemukan penurunan persen lemak tubuh yang lebih banyak pada kelompok water preload daripada kelompok non preload.

Mengapa?

Berikut ini beberapa alasan mengapa dengan minum air putih bisa membuat berat badan anda bisa turun:

  • Minum air putih bisa menekan nafsu makan

Saat perut anda merasa sudah kenyang maka sinyal untuk berhenti makan akan dikirimkan ke otak. Minum air putih terutama sebelum makan akan membuat ruang di perut penuh sehingga membuat anda merasa kenyang dan rasa lapar akan menghilang.

  • Meningkatkan pembakaran kalori

Minum air putih dapat membantu tubuh anda untuk membakar kalori dan otomatis akan menurunkan berat badan anda. Penelitian menunjukkan hasil 12 orang dapat membakar kalori antara 2-3 % lebih banyak dari biasanya dalam 90 menit setelah minum air putih sebanyak 500ml.

  • Membantu proses metabolisme lemak

Air memiliki peran yang amat penting dalam proses metabolisme, khususnya metabolisme lemak. Tanpa air, tubuh anda tidak dapat memetabolisme lemak atau karbohidrat dengan baik. Metabolisme lemak diawali denga proses hidrolisis, di mana molekul air berinteraksi dengan trigliserida (lemak) menghasilkan gliserol dan asam lemak. Dengan minum air putih, tubuh akan memberikan sinyal untuk membakar lemak dari makanan yang kita makan dan lemak yang sebelumnya tersimpan di dalam tubuh anda.

  • Membantu membuang kotoran di dalam tubuh

Tubuh yang diberikan air putih yang cukup maka sisa pencernaan akan dengan mudah dikeluarkan dalam bentuk feses dan urine. Maka dari itu, usahakan minum air putih kurang lebih 2 Liter setiap hari agar tubuh tidak terlalu lama menyimpan kotoran sisa pencernaan dan pencernaan bisa berjalan dengan lancar.

Komentar

Berita Terkait