Cara Bikin Bisnis Plan Komplet Untuk Pemula

Mempunyai Bisnis plan yang bagus benar-benar penting dalam menolong sebuah usaha tentukan arah pengembangannya di masa datang. Karena ada document ini, Anda akan tahu apakah yang harus dilaksanakan dalam pendirian dan pengendalian perusahaan.

Disamping itu, mempunyai gagasan usaha memperlihatkan keseriusan dan kematangan rencana Anda saat membuat usaha hingga investor dapat semakin yakin untuk melakukan investasi di perusahaan Anda.

Berikut langkah membuat bisnis plan dan panduan pengaturan business rencana yang bisa diaplikasikan pemula:

  1. Lakukan Penelitian

Untuk membangun sebuah usaha, tentu saja Anda harus keluarkan uang banyak. Bahkan juga tidak tutup peluang bila uang itu didapat hasil dari utang. Supaya uang itu tidak kebuang percuma karena rencana usaha yang kurang masak, sebaiknya memulai usaha dengan lakukan penelitian.

Anda dapat mengawali business rencana dengan membuat pertanyaan 5W + 1H yang perlu dijawab saat penelitian. 5W + 1H itu ialah:

  • Apa produk yang ingin dibikin?
  • Apa bahan produk itu?
  • Siapakah yang konsumsi produk itu?
  • Siapa orang atau faksi yang hendak menolong Anda?
  • Siapa kompetitor Anda?
  • Kapan calon customer konsumsi produk itu?
  • Di mana produk yang Anda bikin dapat diperoleh?
  • Bagaimana produk itu dibuat dan dapat dijangkau oleh customer.
  • Keuntungan memakai 5W + 1H ialah gampang dipakai bahkan juga oleh pemula sekalinya.

Bila ingin lebih dalam dan serius memperdalam sektor ini, Anda dapat lakukan penelitian selanjutnya memakai pola SWOT atau Porter Five Forces.

Penelitian ini penting karena sebagai seorang pelaku bisnis, Anda akan hadapi resiko ketidakjelasan dan hasil penelitian berikut yang hendak mengecilkan peluang ketidakjelasan itu. Mengakibatkan saat perusahaan telah berdiri, Anda tak perlu meraba-raba keadaan pasar kembali.

  1. Membuat Profile Perusahaan

Walau nampaknya sepele, membuat profile perusahaan ialah poin penting untuk tentukan identitas perusahaan itu. Banyak hal yang perlu Anda kerjakan dalam tahapan ini ialah:

  • Nama perusahaan dan produk merk
  • Lokasi perusahaan
  • Dasar hukum pendirian perusahaan
  • Misi serta visi perusahaan
  • Simbol perusahaan dan produk
  • Biodata Anda dan sebagian orang yang menggenggam status penting di perusahaan
  • Arah dan background pendirian perusahaan
  • Validitas pendirian perusahaan seperti nomor akte pendirian dan sebagainya
    Profile perusahaan dalam business rencana berguna untuk memberikan kejelasan pada calon investor atau bank jika perusahaan Anda mempunyai arah performa dan dasar hukum yang terang dan diatur oleh beberapa orang yang kapabel di sektornya.
  1. Membuat Perincian Produk dan Gagasan Operasi

Sisi ini akan kurang lebih menolong Anda dan pegawai dalam tentukan cara produksi yang semestinya dilaksanakan oleh perusahaan. Yakinkan pada bagian business rencana ini Anda menerangkan kenapa dan bagaimana produk yang Anda bikin berlainan dengan beberapa produk yang dibikin oleh pesaing.

Dalam bab ini terangkan kenapa produk yang Anda bikin sesuai keperluan customer dan jika Anda percaya produk itu akan terus-terusan dimakan hingga mempunyai kesempatan yang baik di masa datang.

Untuk pemula, cukup buat business rencana berisi perincian produk yang simpel dan gagasan operasi yang gampang digerakkan. Anda dapat memikulgkannya lebih dalam saat usaha sudah diawali.

  1. Membuat Gagasan Marketing

Produk yang baik dan berkualitas saja kurang cukup bila customer tidak mengenali perusahaan atau produk Anda. Oleh karenanya, targetkan taktik marketing usaha Anda dengan masak.

Marketing ialah langkah perusahaan berbicara dengan customer atau calon customer hingga mereka mengenali produk perusahaan itu dan jika menjadi konsumen setia masih tetap.

Marketing harus diperkirakan sebegitu rupa hingga tidak salah target. Pada tahapan 1, Anda sudah lakukan penelitian. Pakai data hasil penelitian itu untuk tentukan sikap calon customer dan taktik marketing apa yang pas buat mereka.

  1. Membuat Rencana Keuangan

Tiap usaha pasti ingin cari untung, begitu juga dengan usaha Anda. Pada rencana keuangan dalam business rencana, tulis sasaran keuangan dan beberapa analitis keuangan yang kiranya dapat memberikan keyakinan diri Anda sendiri dan investor jika usaha Anda ini sebuah usaha yang memberikan keuntungan.

Tetapi ingat jika untuk tentukan sasaran, Anda harus juga menimbang beberapa hal seperti, keproduktifan tenaga kerja, beberapa alat produksi yang ada dan sebagainya. Dengan begitu, sasaran yang Anda bikin tidak berasa mengada ada dan tidak menganiaya pegawai. Dalam istilah usaha, sasaran yang semacam ini dikatakan sebagai SMART Goals.

Adapun beberapa analitis keuangan yang bisa Anda masukan ialah:

  • Break Even Poin: Titik di mana jumlah keuntungan dan jumlah ongkos yang perlu Anda bayarkan telah setimpal. – Biasanya usaha rintisan akan condong semakin besar di ongkos dibanding keuntungan.
  • Net Present Nilai atau Future Nilai: Tanda ini dipakai untuk memberikan keyakinan investor jika investasi pada usaha Anda akan bawa keuntungan.
  • B/C ratio: Sebuah tanda yang dipakai untuk memperbandingkan nilai keuntungan dan ongkos dalam waktu periode tertentu.
  • Untuk menganalisa beberapa tanda di atas, Anda tak perlu mempunyai gelar sarjana ekonomi atau akuntansi. Karena, sekarang ini telah banyak kalkulator investasi yang bisa Anda gunakan dan beberapa sumber bacaan dari internet yang bisa memberi Anda pengetahuan lebih bagus. Disamping itu, pada intinya beberapa indikator di atas memakai formulasi yang relatif gampang dipakai.
  1. Membuat Ringkasan Business Rencana

Ringkasan business rencana jadi penting terlebih bila Anda punya niat untuk memakai document ini dalam rencana cari dana tambahan. Ini karena banyak hal:

Tidak seluruhnya orang mempunyai saat yang cukup buat membaca keseluruhnya business rencana.

Ringkasan jadi poin of selling yang bisa menarik investor untuk membaca keseluruhnya document.

Oleh karenanya, yakinkan ringkasan yang Anda bikin singkat, padat, terang dan sanggup mengganggu calon investor untuk membaca keseluruhnya document. Lebih kembali berlanjut, Anda bisa juga menambah design untuk pastikan jika document rencana usaha Anda kelihatan menarik.

Tetapi, yakinkan design itu tidak mengusik isi keseluruhnya dari business rencana. Pasti sia-sia bila business rencana Anda design sangat menarik tetapi pesannya tidak tersampaikan secara baik.

Yakinkan jika business rencana perusahaan Anda diatur dengan jumlah halaman yang tidak banyak. Untuk pemula, 10-15 halaman saja cukup. Karena, bila business rencana terlihat tebal, bisa saja Anda atau investor akan malas membacanya karena ada banyak document yang lebih bernilai dan harus dicheck,

Nach, itu lah beberapa langkah untuk membikin business rencana. Beberapa langkah itu telah sesuai susunan business rencana (terkecuali sisi ringkasan yang malah harus ditempatkan pada bagian depan saat sebelum bab 1).

Menulis business rencana memang terlihat gampang-gampang susah. Sulit bila Anda tidak paham harus menghasilkan apa dan mudah bila Anda telah ada gagasan produk apa yang hendak dibuat, siapa customernya dan kurang lebih taktik marketing apakah yang harus dipakai.

Dalam membuat document ini, bisa saja Anda membutuhkan saat yang lumayan lama dan dialog dengan rekan kerja Anda. Tetapi, kiranya business rencana telah tersusun secara baik, perusahaan Anda akan mempunyai arah yang lebih terang dan dapat dekati investor secara lebih bagus.

Komentar