Cara Membuat Rencana Keuangan Hadapi Resesi Dunia 2023

Hadapi Resesi Dunia 2023 | Prediksi krisis dunia terus membuntuti kemajuan ekonomi di tanah air. Tidak cuma Indonesia, ekonomi global juga terancam jatuh ke jurang resesi dunia di tahun 2023. Beberapa instansi internasional seperti Bank Dunia dan IMF mengingatkan teror krisis global.

Untuk hadapi teror resesi dunia di 2023, Piter Abdullah, Research Director Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia merekomendasikan untuk lakukan rencana keuangan secara baik untuk memperhitungkan imbas dari teror pergolakan ekonomi. Menurut dia, langkah terpenting untuk temui krisis ialah peranan dari regulator, ekonom dan faksi berkaitan menerangkan bagaimana sebetulnya keadaan ekonomi Indonesia.

Krisis dunia dalam beberapa bulan akhir memang kerap jadi pembicaraan khusus. Jokowi sampaikan jika keadaan ini lebih kronis dibanding kritis 1998, terlebih bila menyaksikan banyaknya pasien Dana Moneter Internasional (IMF).

Dari tatap muka di Washington DC, Amerika Serikat telah ada 28 negara telah berbaris di basisnya IMF untuk minta kontribusi keuangan. Lantas, bagaimanakah cara hadapi resesi dunia yang kemungkinan terjadi di 2023? Baca secara lengkap berikut ini supaya kamu lebih siap melawannya di tahun depannya.

Tidak boleh Cemas

Saat dengar kata krisis, upayakan tidak untuk cemas. Data ekonomi yang tentukan jika dunia dicegat oleh masalah krisis sebetulnya datang dari data performa keuangan masa 6 bulan ke belakang dan belum pasti tentukan kemajuan ekonomi dalam beberapa saat di depan.

Bila memang kamu masih mempunyai uang kontan yang cukup, upayakan untuk memakai uang itu lebih dulu dan jauhi pemasaran asset bernilai seperti rumah, mobil, dan tanah di saat-saat susah semacam ini karena harga telah ditegaskan akan murah.

Di lain sisi, jauhi pemasaran asset investasi seperti instrument reksa dana pasar uang ingat performanya tidak volatil seperti instrument reksa dana penghasilan rutin dan saham.

Mengatur Ulangi Pos Pengeluaran

Supaya lebih terbangun keuanganmu untuk hadapi krisis ekonomi global, alangkah baiknya kalau kamu atur ulangi bujet. Mulai dengan pisahkan pos yang disebut keperluan primer dan yang mana sebagai pos yang disebut kemauan.

Kamu bisa juga mulai kurangi pos leisure seperti kongkow, menonton, atau traveling. Kamu tak perlu menghilangkan bila memang susah, tetapi kamu dapat kuranginya dikit demi sedikit. Dalam tentukan ulangi pos bujet pengeluaran, kamu perlu memeriksa kesehatan keuangan simpel. Misalnya check rasio tabungan, hutang pada pengeluaran, dan rasio likuiditas.

Minta Kemudahan Hutang

Bila kamu mempunyai hutang, karena itu sebaiknya untuk minta kemudahan hutang pada pihak bank, instansi, atau faksi ke-3 baik berbentuk kemudahan pembayaran bunga atau penangguhan pembayaran angsuran.

Di jaman yang serba susah semacam ini, jangan sekalipun menghindari saat dikontak oleh faksi peminjam karena ini akan membuat mereka makin gemar ketahui kehadiran kamu.

Bila pada kondisi semacam ini kamu tidak mempunyai hutang, karena itu sebaiknya tidak untuk menambahkan beban dengan terlilit pada hutang fintek atau program dengan feature pay later. Sebaiknya, di tengah-tengah keadaan ekonomi yang serba sulit seperti sekarang ini, kamu hemat dan mengutamakan keperluan dibanding dengan kemauan.

Optimalkan Dana Genting

Saat sebelum kondisi makin susah, sebaiknya untuk menyiapkan dana genting yang ditujukan untuk pemenuhan konsumsi fokus di saat penghasilan kosong atau menyusut.

Baiknya, dana genting untuk seorang tanpa tanggungan ialah 3x dari pengeluaran /bulannya. Sementara, dana genting untuk seorang dengan tanggungan dapat capai 6 kali dari pengeluaran /bulannya. Menambahkan dana genting perlu dilaksanakan supaya kamu tidak perlu berutang dengan jumlah dan bunga yang besar saat memerlukan uang dalam kurun waktu darurat.

Apa lagi di tengah-tengah sentimen alami krisis dunia semacam ini, banyak perusahaan yang memverifikasi lakukan pemangkasan gaji kerja sampai penghentian hubungan kerja dengan pegawainya . Maka, sebaiknya untuk lakukan penyiapan, ya.

Mempunyai Asuransi

Di tengah-tengah prediksi krisis dunia di tahun ini, penting untuk memerhatikan kesehatan kamu. Di tengah-tengah inflasi bidang kesehatan yang makin bertambah dari tahun ke tahun, penting untuk mempunyai perlindungan pada ongkos kesehatan yang membesar.

Dengan mempunyai asuransi kesehatan, kamu akan memperoleh faedah berbentuk kemudahan ongkos rawat jalan dan rawat inap saat harus jalani perawatan pada sarana kesehatan.

Kamu bisa juga menimbang pemilikan asuransi jiwa bila memang kamu mempunyai tanggungan. Ini akan mengurangi beban mereka saat hal yang tidak menyenangkan terjadi pada kamu nanti.

Mulai Hemat

Saat terjadi krisis, karena itu hal yang penting kamu kerjakan dengan mengawali pola hidup irit. Belilah keperluan sekedarnya saja, khususnya keperluan primer. Maksudnya tidak lain supaya kamu mempunyai uang lebih yang dapat didistribusikan untuk hal-hal lain seperti dana genting, membayar atau kurangi hutang, dan investasi.

Gunakan Kontribusi Sosial

Pemerintahan sudah mencatat masyarakat yang terimbas wabah virus corona dengan keluarkan beragam paket peraturan lewat ketentuan mengenai Peraturan Keuangan Negara dan Kestabilan Mekanisme Keuangan untuk Pengatasan Wabah COVID-19.

Bila kamu ialah yang menerima bansos atau bisa lolos dalam penyeleksian kartu prakerja, karena itu gunakanlah dana kontribusi dari pemerintahan itu untuk beli kepentingan fokus seperti bahan dasar, ongkos sekolah, bayar hutang, dan lain-lain.

Dan, bila kamu terima kontribusi berbentuk rileksasi dan restrukturisasi untuk usaha kecil dan menengah yang sedang kamu lakukan sekarang ini, upayakan untuk manfaatkan peluang yang ada untuk lakukan pivoting usaha bisa lebih cepat.

Cari Penghasilan Sambilan

Salah satunya langkah menambahkan beberapa pundi pendapatan dengan memperlancar usaha sambilan atau yang biasa dikatakan sebagai side hustle. Dengan mempunyai tugas sambilan, kamu dapat mempunyai tugas teratur dan tugas tambahan secara bertepatan dan memperoleh pendapatan dari ke-2 nya.

Kamu dapat cari penghasilan sambilan seperti sediakan jasa penulisan, design dan upload sosial media yang memberikan dukungan performa marketing satu tipe usaha. Selain itu, kamu bisa juga manfaatkan waktu senggang dengan menghasilkan barang kerajinan tangan atau jadi reseller satu barang untuk menambahkan penghasilan.

Persiapkan Portofolio Investasi Baru

Performa pasar saham di keadaan krisis dunia seperti sekarang ini condong kurang optimal yang diikuti dengan pengurangan harga saham emiten-emiten besar. Bila kamu mempunyai uang lebih tidak ada kelirunya untuk menginvestasikan uang ke instrument investasi dimulai dari reksa dana, saham, emas, obligasi, dan lain-lain.

Bila kamu pilih investasi saham, yakinkan saham yang kamu tentukan mempunyai prospect periode panjang yang bagus dan likuid bila dijualbelikan.

Komentar