oleh

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google dengan Cepat

Google menjadi salah satu mesin pencarian terbesar di dunia yang kerap warganet gunakan. Dengan Google, siapa saja dapat mencari bermacam-macam  konten dari artikel dan jurnal yang dibutuhkan. Kemudian untuk menjamin kenyamanan pengguna, Google merilis berbagai fitur, Anda harus tahu cara menghapus riwayat pencarian Google. 

Fitur yang satu ini dapat menghapus history pencarian yang baru saja Anda lakukan atau beberapa hari lalu. Pentingnya menghapus riwayat pencarian adalah untuk menunjang performa dari browser. Riwayat pencarian ini dapat Anda hapus via Android maupun desktop. 

Panduan Cara Hapus Riwayat Pencarian Google di HP Android dan Laptop

Selain meningkatkan performa browser, menghapus riwayat pencarian juga berguna untuk menjaga privasi supaya lebih aman dari penyalahgunaan data.

Pencarian secara online dapat Anda lakukan di Google dengan akses memakai ponsel atau laptop. Selain itu, perangkat harus terhubung dengan internet agar dapat menikmati layanan akses Google.

Apabila pengguna melakukan penelusuran di Google, maka di menu history akan menyimpan riwayat pencarian tersebut.

Ada sejumlah orang yang ingin menghapus riwayat pencarian Google dengan tujuan untuk meningkatkan performa browser atau alasan privasi. 

Jika Anda masih bingung cara menghapus riwayat pencarian Google, berikut kami beri ulasan untuk memudahkan ketika melihat dan mengontrol aktivitas pencarian Google.

Namun sebelum mengetahui cara menghapusnya, sebaiknya pahami cara melihat riwayat pencarian ini.

Jika menggunakan HP, bukalah aplikasi Google Chrome. Kemudian klik ikon titik tiga di pojok kanan atan dan tekan History. 

Secara otomatis history pencarian di Google akan terbuka. Sementara untuk membuka riwayat pencarian Google di laptop dengan klik ikon titik tiga yang terletak di bagian pojok kanan atas. 

Selanjutnya pilih opsi History atau Riwayat dan klik Riwayat lagi. Riwayat penelusuran akan terbuka untuk hari ini atau hari sebelumnya. 

Tutorial Menghapus History Pencarian Google di Android

Cara menghapus riwayat pencarian Google dapat menggunakan perangkat Android. Pertama, bukalah aplikasi Google di smartphone Anda. 

Anda dapat menggunakan Google Chrome, kemudian klik ikon titik tiga di pojok kanan atas. Langkah berikutnya tekan History hingga terbuka riwayat pencarian hari ini dan waktu sebelumnya. 

Untuk menghapus seluruh riwayat pencarian, klik Sepanjang Waktu. Anda juga dapat memilih Hapus Data Penjelajahan dengan centang history penjelajahan dari seluruh perangkat yang dipakai untuk login akun Google. 

Selanjutnya pilih rentang waktu yang ingin Anda hapus, pilih semua atau time range. Kemudian klik Hapus Data, maka secara otomatis cara menghapus riwayat pencarian Google Anda sukses. 

Menghapus Riwayat Pencarian Google di Laptop

Selain dengan ponsel, riwayat pencarian Google dapat Anda hapus via laptop. Caranya cukup praktis, pertama buka aplikasi Google menggunakan Google Chrome di laptop Anda. 

Kemudian di pojok kanan atas tekan ikon titik tiga dan pilih opsi Riwayat atau History. Selanjutnya klik Riwayat, lalu Google akan menampilkan histori penelusuran hari ini atau waktu sebelumnya. Klik Hapus Data Penjelajahan dan atur tentang waktu untuk menghapus data.

Langkah berikutnya tekan Delete atau Hapus Data. Riwayat pencarian Google Anda secara otomatis akan terhapus. 

Cara menghapus riwayat pencarian Google, baik melalui Android maupun laptop sangat  mudah dan cepat tanpa ribet. Jika Anda menginginkan situs-situs tertentu agar tersimpan, maka dapat memakai fitur Bookmark. Selain cara di atas, masih ada cara lain menghapus history Google, yakni dengan menggunakan aplikasi yang terhubung.



Komentar