Cara Sukses Mengelola Keuangan

Cara sukses mengelola keuangan bagi penghasilan tak tetap penting untuk dipahami, khususnya untuk freelancer. Secara umum penghasilan freelancer didapat berdasar proyek yang ditangani. Sama seperti sama orang yang berdagang, terkadang pemasaran bertambah dan keuntungan berlipat, tetapi terkadang sepi konsumen.

Untuk freelancer dan beberapa orang yang mempunyai pendapatan tak tetap, cara mengelola keuangan agar sukses sebagai rintangan tertentu. Pasalnya tidak gampang untuk menyamakan di antara pola hidup dan gagasan masa datang dengan pendapatan yang tidak pasti.

Saat penghasilan sedang bertambah, bujukan untuk overspending bertambah. Bukannya dapat menabung, sering karyawan dengan pendapatan tak tetap justru alami kesusahan keuangan saat proyek sepi.

Bagaimanakah cara menabung dengan pendapatan tak tetap? Dengan implementasi langkah mengelola keuangan pendapatan tak tetap secara disiplin, kamu dapat teratur menabung. Baca panduan cara sukses mengelola keuangan berikut!

  1. Tulis Semua Pendapatan

Cara awalan yang perlu kamu kerjakan untuk mengurus keuangan dengan menulis semua pendapatan yang diterima. Dengan begitu kamu dapat mengenali berapakah rerata pendapatanmu tiap bulannya.

Kalkulasi berapakah rerata pendapatan harian yang kamu peroleh. Selanjutnya kamu dapat memprediksi berapakah bujet yang dapat dipakai untuk penuhi keperluan setiap hari.

Pendapatan yang condong naik dan turun memang tidak bisa ditegaskan, pilih nominal paling kecil sebagai dasar. Sebagai contoh pendapatanmu rerata Rp3 juta-Rp6 juta /bulan, memiliki arti sekitaran Rp100 ribu-Rp200 ribu setiap hari.

Karena itu upayakan untuk memenuhi keperluan optimal Rp100 ribu setiap hari. Hingga bila pendapatanmu lebih dari itu, bekasnya dapat ditabung untuk dana genting.

  1. Buat Bujet Pengeluaran

Untuk orang dengan pendapatan tak tetap kerap kali berasa kesusahan untuk memprediksi jumlah rerata pendapatan. Ahli keuangan Liqwina Hananto merekomendasikan freelancer untuk membikin bujet pengeluaran.

Mengapa begitu? Meskipun pendapatan tak tetap, kamu dapat membuat pengeluaran teratur yang relatif masih tetap tiap bulannya. Pengeluaran ini meliputi keperluan primer yang tidak begitu dipengaruhi oleh naik dan turunnya pendapatanmu.

Bikinlah perincian ongkos apa yang perlu kamu mengeluarkan tiap bulannya. Selanjutnya jumlahkan semua ongkos dasar itu. Jumlah berikut sebagai referensi berapakah minimum pendapatan yang perlu kamu peroleh.

Bila jumlah minimum pendapatan tidak terwujud, mau tak mau kamu harus memakai uang tabungan untuk memenuhi keperluan primer itu. Oleh karena itu penting untuk mempunyai tabungan yang dapat dipakai saat keadaan minus itu.

  1. Kuatkan Kemauan untuk Menabung

Jika sejauh ini kamu kerap alami ketidakberhasilan untuk menabung, kemungkinan salah satunya pemicunya ialah kemauanmu belum kuat. Pasti ada-ada saja argumen tidak untuk menabung, seperti pendapatan selalu berasa kurang, mumpung ada potongan harga hingga berbelanja terlalu berlebih, dan sebagainya.

Walau sebenarnya pada intinya tiap orang dapat menabung, berapa saja pendapatannya. Kamu dapat menemui sendiri bukti riil di sekelilingmu, pasti ada orang yang pendapatannya termasuk kecil tetapi dapat terus menabung.

Panduan mengurus keuangan freelancer setelah itu kuatkan kemauan untuk menabung. Optimis diri kamu jika menabung itu gampang dan penting untuk jaga kestabilan keuangan di masa datang.

  1. Aplikasikan Langkah Menabung yang Betul

Langkah menabung dengan pendapatan tak tetap perlu dilaksanakan secara benar supaya tidak tidak berhasil di tengah-tengah jalan. Pastikanlah jumlah minimum yang perlu kamu tabung, juga bisa berbentuk prosentase dari pendapatan.

Perlu dipertegas jika menabung bukan menanti tersisa uang yang ada sesudah dipakai untuk kepentingan lain. Menabung harus dilaksanakan secara disiplin semenjak awalnya kamu terima pendapatan.

Tetapkan jumlah yang perlu kamu tabung di saat kamu membuat rencana keuangan. Mulai dari nominal kecil yang tidak begitu memberatkanmu, yang perlu kamu latih rutinitas menabung lebih dulu. Seterusnya kamu dapat menambahkan sasaran tabunganmu.

  1. Pakai Rekening Terpisah

Untuk freelancer, arus masuk dan keluar dana di rekening secara umum semakin lebih aktif. Sumber penghasilan dapat dari banyak faksi dengan nominal berbeda. Pasti semakin lebih memusingkan bila kamu cuma mempunyai satu rekening bank.

Langkah mengelola keuangan pendapatan tak tetap yang penting kamu kerjakan ialah memakai rekening terpisah. Minimal kamu mempunyai rekening khusus untuk terima penghasilan, hingga kamu bisa juga check mana proyek yang sudah dibayarkan dan yang mana belum.

Kamu perlu mempunyai rekening khusus untuk transaksi bisnis keperluan setiap hari, seperti bayar bill, top-up e-wallet, berbelanja online, dan sebagainya. Selanjutnya janganlah lupa rekening khusus tabungan yang dapat berbentuk rekening tabungan gagasan dan deposito.

  1. Utamakan Keperluan Dibanding Tuntutan Style Hidup

Panduan mengurus keuangan freelancer selanjutnya ialah utamakan keperluan dibanding tuntutan pola hidup. Kamu tak perlu memaksa diri untuk ada pada standard pola hidup tertentu bila memang pendapatanmu tidak memenuhi.

Pendapatan yang tidak jelas mewajibkan kamu pintar menyesuaikan dengan pola hidup yang tepat. Saat terima pendapatan besar, bisa saja kamu meningkatkan sedikit style hidupmu. Tetapi saat pendapatan menyusut, kamu harus kembali sesuaikan style hidupmu.

Janganlah lupa jika kamu harus tetap teratur menabung. Pasti baik sekali bila kamu dapat terus pada pola hidup simpel sama sesuai keperluan dan menabung uang yang ada. Hingga saat terima pendapatan yang besar, tabunganmu akan makin besar juga.

  1. Pintar Manfaatkan Promosi

Program promo dibikin untuk menarik konsumen setia, tingkatkan pemasaran, dan capai arah marketing yang lain. Ada saatnya program promosi sebagai peluang kita untuk berbelanja lebih irit, tetapi sering program promosi menjerat supaya kita beli barang yang tidak diperlukan.

Ada beberapa promosi yang dapat kita gunakan untuk tekan pengeluaran, seperti program potongan harga, cashback, hadiah langsung, undian program, dan sebagainya. Yakinkan kita membaca semua persyaratan dan ketetapan yang berjalan dan cuma beli barang yang memang sungguh diperlukan.

Keterdisiplinan sebagai kunci dalam implementasi langkah mengelola keuangan pendapatan tak tetap. Turuti panduan mengurus keuangan freelancer yang sudah diterangkan untuk capai arah keuangan yang kamu tentukan. [***]

Komentar