oleh

Dampak Covid-19 di Tuban, Beberapa Desa Inovasi Dirikan Ribuan Wifi Gratis

matamatadot.com || Tuban – Pemerintah Desa di Kabupaten Tuban meluncurkan Inovasi program Wifi gratis sebagai upaya nyata dalam memberikan pelayanan akses internet gratis bagi warganya di tengah pandemi Covid-19.

Salah satunya di Desa Karangtengah Kec. Jatirogo Kab. Tuban, Sunardi Rusdiana, Kepala Desa Karangtengah mengatakan inovasi pelayanan wifi gratis ini. Maksudnya, untuk mempermudah akses internet bagi warganya. Khususnya pelajar dalam proses belajar mengajar melalui daring. Karena menurutnya pembelajaran sistem daring tersebut hanya dapat dilakukan dengan memanfaatkan akses internet. Sedangkan, masyarakat tidak semua memiliki jaringan internet dan tidak semua wilayah terjangkau jaringan internet.

Baca Juga : Pilih Jalan Alternatif Hindari Macet Tol Cipali KM 122, Kementerian PUPR : Bangun 2 lajur Sementara

Inovasi Desa WiFi di Tuban

Kenapa harus ada Inovasi Desa WiFi di Tuban. “Bahwa upaya tersebut merupakan bagian dari kehadiran pemerintah yang mengacu kepada peraturan menteri desa tentang skala prioritas penggunaan Dana Desa. Hal ini merupakan anjuran atau bahkan wajib. Perkiraan 70% dari Dana Desa untuk pemberdayaan yang turun ke setiap desa,” tuturnya, kamis, (11/02/2021)

Lebih lanjut Kepala Desa Karangtengah, Jatirogo, Tuban mengatakan dengan program wifi gratis desa, motivasi kami adalah kami ingin warga desa bisa mengakses apa yang dibutuhkan. Di antaranya daring bagi para pelajar, bisnis online, perpustakan desa dalam bentuk digital. Serta pelayanan administrasi secara online sehingga warga lebih mudah terlayani kebutuhannya dengan adanya wifi desa gratis ini. Untuk itu, pihaknya mengatakan apabila ada warga yang memerlukan sambungan internet bisa langsung datang ke titik terdekat.

Komentar

Berita Terkait