oleh

Dapat Pesanan Luar Jawa, Ledakan Bondet Tewaskan 2 Orang di Pasuruan

MataMataDot.com || Pasuruan – Ledakan bondet di Pasuruan Jawa Timur, telah menewaskan dua orang. Bom Ikan atau bondet tersebut meledak di Dusun Macanputih, Desa Pekangkungan, Kecamatan Gondangwetan, Pasuruan, pada Sabtu (11/9/2021) sore.

Waka Polres Pasuruan Kota, Kompol Heri Dian W mengatakan, pihak Polisi telah melakuan olah TKP dan menemukan sejumlah bahan untuk membuat bondet.

“Kita amankan sejumlah bahan di lokasi kejadian dan kita bawa ke Mako Polres Pasuruan Kota untuk penyelidikan lebih lanjut,” kata Kompol Heri Dian W

Lebih lanjut, Kompol Heri mengungkapkan, bahwa dugaan sementara sejumlah bahan peledak itu memicu ledakan hingga merusak puluhan rumah, dan menewaskan dua orang.

“Nanti tim yang akan menyampaikan hasilnya apa, apa saja yang diamankan, dan bagaimana ledakan itu bisa sampai terjadi,” tambahnya

Peristiwa mengenaskan itu terjadi di rumah milik GOFAR yang beralamatkan di Dusun Macan Putih RT. 1 RW. 1 Desa Pekangkungan, Kec. Gondangwetan, Kab. Pasuruan.

Bom Ikan di Pasuruan, 2 Meninggal Dunia, 4 Mengalami Luka-luka

Peristiwa itu mengakibatkan dua korban meninggal dunia atasnama GOFAR (40 Th) Petani, alamat Dusun Macan Putih Rt. 1 Rw. 1 Desa Pekangkungan Kec. Gondangwetan Kab. Pasuruan. Lalu, MAT SHODIQ (Orang tua GOFAR) berusia 60 tahun Pekerjaan nelayan, alamat Jl. Hangtuah, RT. 04 / RW. 05, Kel. Tamba’an Kec. Gadingrejo Kota Pasuruan.

Selain, dua orang meninggal dunia tersebut, ledakan bondet juga mengakibat beberapa orang mengalami luka-luka. Di antaranya :

  • M. IMRON (adik ipar GOFAR) usia 30 tahun, Sopir Rental, alamat Dusun Macan Putih Rt. 1 Rw. 1 Desa Pekangkungan Kecamatan Gondangwetan Pasuruan menderita luka robek di bagian kepala dan kaki (mendapat perawatan di Puskesmas Gondangwetan dan masih dalam perawatan).
  • ITI KHOIRIYAH. (tetangga GOFAR) usia 45 Tahun, Pekerjaan Ibu Rumah Tangga, alamat Dusun Macan Putih Rt. 1 Rw. 1 Desa Pekangkungan Kecamatan Gondangwetan Pasuruan, menderita Luka – luka robek di bagian sebelah kiri (mendapat perawatan di Puskesmas Gondangwetan dan saat ini sudah diperbolehkan pulang).
  • FERY (Anak GOFAR) usia 13 Tahun, pelajar SMP alamat Dusun Macan Putih Rt. 1 Rw. 1 Desa Pekangkungan Kecamatan Gondangwetan Pasuruan menderita Luka – luka di bagian kaki dan muka luka (mendapat perawatan di Puskesmas Gondangwetan dan masih dalam perawatan).
  • ARIK (tetangga) usia 6 Bulan, alamat Dusun Macan Putih Rt. 1 Rw. 1 Desa Pekangkungan Kecamatan Gondangwetan Pasuruan menderita Luka – luka robek di bagian kepala (mendapat perawatan di Puskesmas Gondangwetan dan masih dalam perawatan).

Konfirmasi secara terpisah, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan, kronologi kajadian pada Sabtu 11 September 2021 sekira pukul 08.00 WIB. Dugaan ledakan terjadi berasal dari bom ikan (bondet) yang berada di rumah Gofar di Dusun Macan Putih Rt. 1 Rw. 1 Desa Pekangkungan Kec. Gondangwetan Kab. Pasuruan.

Pemesan Bondet Hingga Luar Jawa

Sementara itu, saksi MAHMUDAH dan ZAENAB mengatakan, bahwa H. MAT SHODIQ setiap hari kecuali hari Jumat sekira jam 08.00 Wib sampai setelah sholat Dhuhur ke rumah GOFAR. Ia membuat Bom Ikan (Bondet) dengan membawa 2 kuli dari Jl. Hangtuah, RT. 04 / RW. 05, Kel. Tamba’an Kec. Gadingrejo Kota Pasuruan. Setelah, bom ikan (bondet) jadi, pemesan baru mengambil bondet.

Menurut kedua saksi, pemesannya adalah seorang laki-laki berkulit hitam (kemungkinan dari Luar Jawa dan nama tidak tahu). Kemudian, Orang itu biasanya datang dengan istrinya yang bernama RIA, bekerja menjual baju dengan sistem cicil. Diambil sekira 3 hari sekali setiap melakukan pengambilan bom ikan (bondet) sekitar 1 kardus aqua gelas.

Barang bukti yang ada dari TKP Bandel Kantong Plastik (kresek) warna hitam berukuran kecil dan besar. Tumpukkan sobekan kertas yang diduga mengandung bahan peledak (Misui) .

Petugas Mendatangi TKP Koordinasi dg jibom gegana, Identifikasi dan lab untuk Polda Jatim; melakukan olah TKP awal dan pemasangan garis Polisi. [***]

Komentar

Berita Terkait