oleh

Dugaan Perusahaan Israel Gunakan Spyware Menargetkan Jurnalis

MataMatadot.com || Surabaya –  Perusahaan Israel menggunakan Spyware dan berhasil meretas 37 ponsel cerdas milik jurnalis, pejabat pemerintah, dan aktivis hak asasi manusia di seluruh dunia, menurut penyelidikan oleh 17 organisasi media, pada Minggu (18/7/2021).

Melansir dari Reuters, Salah satu organisasi media, The Washington Post , mengatakan spyware Pegasus lisensi dari NSO Group yang berbasis di Israel. Menurut The Washington Post juga menargetkan ponsel milik 2 wanita yang dekat dengan Jamal Khashoggi. Ia merupakan seorang kolumnis Post yang di bunuh di sebuah konsulat Saudi di Turki pada 2018, sebelum dan setelah kematiannya.

Kemudian, salah satu outlet media The Guardian mengatakan penyelidikan tersebut menyarankan “penyalahgunaan yang meluas dan berkelanjutan” dari perangkat lunak peretasan NSO. Sebagai malware yang menginfeksi ponsel cerdas untuk memungkinkan ekstraksi pesan, foto, dan email. Lalu, merekam panggilan, dan secara rahasia mengaktifkan mikrofon.

Investigasi, yang tidak ada konfirmasi secara independen oleh Reuters, tidak mengungkapkan siapa yang mencoba meretas atau mengapa.

Komentar