oleh

Ekspedisi BKSDA Temukan Spesies Baru Hanguana Karimatae di Karimata

MataMataDot com || Kalimantan Barat – Tim ekspedisi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berhasil menemukan dan mengidentifikasikan satu spesies baru dari tumbuhan berbunga di Kepulauan Karimata Provinsi Kalimantan Barat.

Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat, Sadtata Noor Adirahmanta menerangkan tumbuhan ini dari keluarga Hanguanaceae merupakan spesies baru dari Kepulauan Karimata Besar. Dan terancam punah sebab hanya ada di Cagar Alam Laut Kepulauan Karimata.

Lebih lanjut dalam keterangan resmi pada Selasa (20/7/2021), Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat Sadtata. Ia menjelaskan ekspedisi kali ini melakukan identifikasi lebih 400 jenis tumbuhan. Dan kebanggaan tersendiri berhasil menemukan dan mengidentifikasi satu spesies baru dari tumbuhan berbunga.

“Tumbuhan jenis ini (Hanguana Karimatae) hanya terdapat di Kepulauan Karimata Provinsi Kalbar.” Terang Sadtata

Hangua Karimata di Jurnal Ilmiah Internasional Blumea Sebagai Spesies Baru

Sadtata menambahkan, rencana akan menerbitkan temuan spesies ini di jurnal ilmiah internasional Blumea pada 2 Juli 2021 oleh Agusti Randi. Ia adalah seorang ahli Botani alumnus Universitas Tanjungpura Pontianak asal Kalimantan Barat.

“Hanguana Karimatae memiliki ciri khas yang tidak di miliki oleh spesies Hanguana lainnya. Jenis ini punya perawakan besar tinggi hingga 1,6 m dengan tangkai perbungaan yang tegak dan kokoh setinggi satu meter.” Ungkapnya.

Komentar

Berita Terkait