oleh

Google Doodle Peringati Hari Ulang Tahun ke-112 Sariamin Ismail

MataMataDot.com || Surabaya – Hari ini, Sabtu (31/7/2021), Google Doodle memperingati Hari Ulang Tahun ke-112 Sariamin Ismail. Demi memberikan penghargaan kepada penulis kenamaan Indonesia ini. Google bekerja sama dengan ilustrator Indonesia Ayang Cempaka, untuk mengilustrasikan Google Doodle dengan seorang tokoh yaitu Sariamin Ismail.

Melansir dari Google Doodle, Sabtu (31/7/2021).  Sariamin Ismail, merupakan penulis Indonesia yang secara luas dianggap sebagai wanita pertama di negara ini yang menerbitkan novel. Pada hari ini tahun 1909, Sariamin Ismail lahir di Talu, Sumatera Barat, Hindia Belanda (sekarang Indonesia).

“Dia mulai menjelajahi dunia puisi pada usia 10 tahun, dan pada usia 16 tahun, beberapa surat kabar lokal telah menerbitkan tulisannya. Ismail menjadi guru setelah lulus SMA dan bekerja di berbagai kota di seluruh nusantara sambil terus menulis selama beberapa dekade berikutnya.” Tulis Google Doodle.

Ismail adalah seorang penulis aktif pada saat suara perempuan Indonesia terbungkam dan menggunakan banyak nama samaran untuk menghindari penganiayaan dari otoritas lokal.

Berdasarkan pengalaman kehidupan nyata tentang romansa yang serba salah, novel pertama Ismail ”Kalau Tak Untung”. Novel tersebut ia rilis dengan nama samaran Selasih pada tahun 1933. Kemudian, sejarah pun mencatat sebagai novel pertama yang ditulis oleh seorang wanita dalam sejarah Indonesia.

Bahkan, Buku berani ini mencontohkan penolakan terhadap tradisi Indonesia yang dianut secara luas seperti perjodohan. Ini sebuah gagasan kontroversial yang menjadi ciri karyanya sepanjang kariernya.

Pada tahun 1937, Ismail mulai menerbitkan cerita di “Soeara Kaoem Iboe Soematra'” sebuah majalah wanita lokal yang mempromosikan nilai-nilai keluarga inti yang kontras dengan konvensi hubungan saat itu.

Dia mengajar hingga akhir 60-an dan menulis hingga pertengahan 90-an dan meninggalkan banyak antologi puisi, novel, dan bahkan dua cerita anak-anak. Selamat ulang tahun, Sariamin Ismail! Terima kasih telah menginspirasi generasi baru wanita untuk menggunakan suara mereka.

Biograsi Singkat Sosok Sariamin Ismail

Melansir dari Wikipedia, menjelaskan secara singkat Siapakah sosok Sariamin Ismail? Simak biografi singkat Sariamin Ismail Penulis Indonesia

Sariamin Ismail adalah penulis Indonesia yang tercatat sebagai novelis perempuan pertama di Indonesia. Ia sering memakai nama samaran Selasih dan Seleguri, atau gabungan kedua nama Selasih Seleguri. Novel pertamanya berjudul Kalau Tak Untung di terbitkan oleh Balai Pustaka pada 1934.

Kelahiran: 31 Juli 1909, Kabupaten Pasaman Barat

Meninggal: 15 Desember 1995, Pekanbaru

Nama pena: “Selasih”, “Seleguri” atau “Selasih Seleguri”

Gerakan sastra: Poedjangga Baroe

Anak: Tini Hadad, Suryahati Ismail

Orang lain juga menelusuri: Ismail, Tini Hadad, Suryahati Ismail

Komentar

Berita Terkait