oleh

Hasil Piala AFF 2020: Indonesia vs Singapura 4-2, Timnas Indonesia Masuk Final

Pertandingan semi final antara Indonesia vs Singapura berlangsung sangat menegangkan. Pertandingan antara timnas Indonesia melawan Singapura digelar di National Stadium Singapore pada Sabtu, 25 Desember 2021.

Timnas Indonesia berhasil membuat Tim Singapura bertekuk lutut dengan skor 4-2 di akhir pertandingan babak semifinal.

Hingga akhir babak kedua skor imbang 2-2. Agregat kedudukan menjadi 3-3, sehingga pertandingan berlanjut ke babak tambahan waktu. Timnas Singapura bermain dengan 9 orang karena dua pemainnya terkena kartu merah.

Pada awal babak tambahan waktu, Indonesia mampu meraih dua gol, sehingga skor menjadi 4-2 dan kedudukan agregat menjadi 5-3. Singapura kembali kehilangan satu pemain di babak ini.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong harus berjuang sampai babak perpanjangan waktu untuk menumbangkan Singapura yang harus bermain dengan delapan pemain.

Pada menit ke 1, Ezra Walian mencetak gol setelah meneruskan umpan Witan Sulaeman. Sehingga, Indonesia unggul atas Singapura dengan skor 1-0.

Pada Menit 45+4, Singapura berhasil mencetak gol. Sehingga menyamai skor menjadi 1-1. Gol dicetak oleh Song Ui-young dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang.

Pada Menit ke 74, SIngapura berhasil mencetak Gol kembali melalui tendangan bebas Shahdan Sulaiman yang berhasil menjebol gawang Nadeo Argawinata. Sehingga Singapura unggul 2-1 dari timnas Indonesia.

Pada Menit ke 87 Indonesia berhasil menyamakan kedudukan dari Singapura 2-2. Pratama Arhan mencetak gol memanfaatkan bola rebound.

Pada Menit ke 88, penalti diberikan wasit untuk Singapura. Pratama Arhan dianggap melakukan pelanggaran terhadap Shawal Anwar di kotak penalti.

Pada menit 90, Eksekusi penalti Singapura gagal berbuah gol. Nadeo menepis tembakan Faris Ramli.

Akhir babak kedua: skor 2-2 dan agregat menjadi 3-3, laga berlanjut ke babak tambahan.

Pada menit 91, Gol Indonesia (3-2). Tembakan Egy Maulana Vikri berujung gol bunuh diri Shawal Anwar. skor agregat menjadi 4-3.

Pada menit 105+1, Indonesia unggul dari Singapura dengan skor 4-2. Egy Maulana Vikri mencetak gol, memanfaatkan kemelut di depan gawang lawan, setelah Evan Dimas melakukan tendangan sudut. Skor agregat menjadi 5-3.

Pada menit ke 118, Kiper Singapura Hassan Sunny mendapat kartu merah karena melanggar Irfan Jaya. Singapura bermain dengan 8 orang. Kartu merah itu menjadi ujung pahit dari permainan cemerlang kiper itu. Iksan Fandi tampil sebagai kiper darurat di sisa satu menit pertandingan.

Akhir babak tambahan waktu: Skor akhir 4-2, Indonesia lolos ke final setelah unggul agregat 5-3.

Susunan pemain Timnas Indonesia:

Nadeo Argawinata-pg, Pratama Arhan, Rizky Ridho (65′, Elkan Baggott), Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga (107′, Alfeandra Dewangga), Asnawi Mangkualam Bahar (kapten), Rachmat Irianto (94′, Evan Dimas), Ricky Kambuaya (66′, Egy Maulana), Ramai Rumakiek (65′, Irfan Jaya), Witan Sulaeman, Ezra Walian (54′, Hanis Saghara).

Timnas Indonesia masih menanti lawan di babak final Piala AFF 2020, antara Thailand atau Vietnam. Pada leg pertama Thailand sudah unggul 2-0.

Komentar