oleh

Hasil Survey Ganjar Posisi Teratas, Namun Terikat Partai

MataMataDot.com || Jakarta – Hasil survey Charta Politika elektabilitas tokoh jika hari ini Pilpres berlangsung, Ganjar Pranowo berada di posisi teratas. Kemudian, menyusul posisi berikutnya ada nama Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Berikut adalah hasil survey Charta Politika :

Ganjar Pranowo: 20,6 persen
Anies Baswedan: 17,8 persen
Prabowo Subianto: 17,5 persen
Sandiaga Uno: 7,7 persen
Ridwan Kamil: 7,2 persen
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY): 4,2 persen
Tri Rismaharini (Risma): 3,6 persen
Erick Thohir: 1,8 persen
Puan Maharani: 1,4 persen
Airlangga Hartarto: 1 persen
Tidak tahu/tidak jawab: 17,2 persen

Berdasarkan hasil survey di atas, siapa yang mempunyai peluang maju dalam Pilpres 2024?

Prabowo Punya Peluang Lebih Mudah

Menurut Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, ada sejumlah variabel yang dapat menentukan peluang nama-nama tersebut maju dalam pilpres. Nama Prabowo Subianto memiliki peluang maju lebih mudah sebab merupakan Ketua Umum Partai Gerindra dan memiliki elektabilitas mumpuni.

“Jika ditanya siapa? Pak Prabowo paling mudah, karena Pak Prabowo punya dua faktor tersebut, dia ketum partai, dia punya elektabilitas.” jelas Yunarto kepada jurnalis, Jumat (13/8/2021).

Selanjutnya, usai Prabowo menurut Yunarto ada nama Anies dan Ganjar, tapi keduanya mempunyai kelemahan dan kelebihan. Kelemahannya adalah Anies dan Ganjar tidak punya kekuatan partai, tapi kelebihannya mempunyai elektabilitas tinggi.

“Jika ditanya setelah Pak Prabowo siapa punya peluang juga? Ya tentu saja Mas Ganjar dan Mas Anies, dia punya elektabilitas tinggi. Kelemahannya dia tidak memiliki otoritas di partai untuk memutuskan, namun variabel elektabilitas tinggi memungkinkan buat mereka di lirik oleh partai-partai untuk memutuskan,” beber Yunarto.

Komentar

Berita Terkait