oleh

Ini Sosok Orang Terkaya di Dunia Lantaran Blockchain & Crypto, No. 2 Fantastis

MataMataDot.com || Jakarta – Aset blockchain & crypto membuat sebagian orang memperoleh keuntungan yang besar. Bahkan, saat ini sudah ada 10 orang yang masuk daftar terkaya di dunia karena blockchain dan Crypto.

Sumber dari Forbes merilis daftar orang terkaya di dunia berkat industri blockchain & crypto. Melejitnya Kekayaan mereka disebabkan karena meroketnya pertumbuhan investasi aset kripto, inovasi internet generasi ketiga, dan non-fungible token (NFT) pada tahun 2021.

Berikut ini daftar orang terkaya di dunia karena blockchain dan crypto beserta rincian kekayaan yang dihitung berdasarkan asumsi kurs Rp14.349 perdollar AS:

1. Changpeng Zhao

Changpeng Zhao merupakan founder dan CEO Binance. Forbes memprediksi bahwa Changpeng Zhao setidaknya memiliki 70% saham platform perdagangan aset kripto Binance. Ia pun menduduki peringkat ke-19 orang terkaya di dunia. Kewarganegaraan: Canada dengan Kekayaan Bersih: US$65 miliar (Rp932,6 triliun).

2. Sam Bankman-Fried

Sam Bankman-Fried ialah CEO perusahaan crypto exchange FTX. Pada awalnya, FTX berbasis di Hong Kong. Kemudian, pada akhir 2021, Bankman-Fried pindah ke Bahama bersama perusahaannya dan menghimpun US$400 juta (Rp5,7 triliun) pada Januari 2022.

Sam Bankman-Fried memiliki setengah kepemilikan saham dari FTX dan FTT, token asli platform dengan nilai lebih dari US$7 miliar (Rp100,4 triliun). Kewarganegaraan: Amerika Serikat (USA) dengan Kekayaan bersih: US$24 miliar (Rp344,6 triliun).

3. Brian Armstrong

Brian Armstrong merupakan founder dan CEO dompet kripto Coinbase. Pada April 2021, Brian Armstrong berhasil menggiring Coinbase untuk IPO dengan valuasi US$100 miliar (Rp1,4 kuadriliun). Ia memiliki 19% saham dari Coinbase. Kewarganegaraan: Amerika Serikat (USA) dengan Kekayaan bersih: US$ 6,6 miliar (Rp94,7 triliun)

4. Gary Wang

Gary Wang ialah salah satu pendiri FTX bersama Sam Bankman-Fried, dan ia pun menjabat sebagai CTO. Wang memegang 16% saham FTX dan FTT senilai lebih dari US$600 juta (Rp8,6 triliun). Kewarganegaraan: Amerika Serikat (USA) dengan Kekayaan bersih: US$5,9 miliar (Rp84,6 triliun).

5. Chris Larsen

Chris Larsen adalah salah satu founder dan dewan eksekutif perusahaan teknologi Ripple yang memproses berbagai transaksi lintas instrumen. XRP merupakan token asli dari Ripple dan merupakan aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar kedelapan. Kewarganegaraan: Amerika Serikat (USA) dengan Kekayaan bersih: US$4,3 miliar

6 dan 7. Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss

Dua bersaudara kembar identik yang akrab dipanggil The Wingklevii menjalankan crypto exchange Gemini. Selain memiliki perusahaan crypto exchange dan modal ventura. The Wingklevii pun memiliki platform lelang seni Nifty Gateway. Kewarganegaraan: Amerika Serikat (USA) dengan Kekayaan bersih: US$4 miliar (Rp57,3 triliun)

8. Song Chi-hyung

Song Chi-hyung adalah founder crypto exchange di Korea Selatan, Upbit. Chi-hyung memiliki sekitar seperempat kepemilikan saham dari perusahaan induk Upbit, Dunamu, yang bervaluasi US$17 miliar (Rp243,9 triliun) pada November 2021. Kewarganegaraan: Korea Selatan dengan Kekayaan bersih: US$3,7 miliar

9. Barry Silbert

Barry Silbert adalah founder Digital Currency Group. Perusahaan investasinya menaungi Grayscale yang mengelola sekitar US$28 miliar aset kripto dan CoinDesk, perusahaan berita dan acara kripto populer. Lewat anak-anak perusahaannya, Digital Currency Group telah berinvestasi di lebih dari 200 start up kripto. Kewarganegaraan: Amerika Serikat (USA) dengan Kekayaan bersih: US$3,2 miliar.

10. Jed McCaleb

McCaleb menghasilkan sebagian besar kekayaannya dari Ripple Labs dan XRP. Namun, pada tahun 2013, ia meninggalkan proyek setelah berselisih dengan Chris Larsen. Saat ini, ia tercatat sebagai founder dan CTO Stellar, perusahaan pengelola protokol desentralisasi yang memiliki token kripto Stellar Lumens. Kewarganegaraan: Amerika Serikat (USA) dengan Kekayaan bersih: US$2,5 miliar.

Komentar