oleh

Ini Sosok Polisi Dibalik Kembalinya Warga Sampang Pengungsi Eks Syiah ke Ahlussunah

MataMataDot.com | Surabaya – Upaya panjang dan terus menerus penyelesaian konflik agama berkepanjangan warga sampang yang dipicu oleh konflik agama Syi’ah – Sunni oleh semua pihak mulai dari pemerintah pusat, pemprov dan Pemkab sampang telah membuahkan hasil, sebanyak 347 orang pengungsi eks Syi’ah yang selama ini menempati rusunawa di Desa Jemundo Kecamatan Taman Sidoarjo, kini mereka bisa bernafas lega, mereka akan ke kampung halamannya di Desa blu’ruan Kecamatan Karang Penag Sampang Madura.

Keberhasilan pemulangan kembali warga sampang yang sudah lebih 10 tahun mengungsi di rusunawa Jemundo sidoarjo ini tidak terlepas dari usaha panjang dan kesabaran dari seorang anggota Polri Bripka Eko Purwanto anggota Polres Sampang yang telah lebih dari 5 tahun bertugas menjadi LO konflik sosial Sampang sejak tahun 2016 lalu.

Upaya dan kiprah Bripka Eko Purwanto untuk mengembalikan warga sampang pengungsi konflik syiah-sunni dari rusun Jumundo sidoarjo kembali ke kampung halamannya di Sampang akhirnya membuahkan hasil, upaya panjang yang dilakukan oleh Bripka Eko Purwanto diakui oleh Ust. Tajul Muluk selaku Koordinator Pengungsi Syiah yang disampaikan dalam video pernyataannya.

Sosok Bripa Eko Purwanto Anggota Polres Sampang/foto (Ist)

“Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada anggota polres sampang Bripka Eko Purwanto SH atas upaya dan dedikasi yang telah diberikan kepada kami sebagai pengungsi sampang, Pak Eko selama 5 tahun sejak tahun 2016 telah mendampingi kami, sebelumnya kami telah kehilangan kepercayaan kepada siapapun, namun setelah kehadiran pak Eko, saya merasa punya sandaran dan pak eko mempunyai program penting kepada kami mulai dari pembuatan E- KTP, PTSL, Surat Nikah, SIM dan juga PKH sehingga kami merasa negara hadir melindungi kami dan mengayomi kami “.

Bagi kami pak Eko bukan sekedar polisi tapi merupakan perwujudan dari hadirnya negara sehinga sejak itu kami mulai membuka diri dan kami berdialog dengan beliau dan kami mengutarakan sebenarnya ingin keluar dari paham syiah setelah kami tahu bahwa paham syiah adalah paham yang menyimpang dari ajaran Islam.

Pak Eko juga telah membawa Bupati dan Insntasi lain didalam penyelesaian konflik syiah sampang ini sehingga semua niat dan keinginan kami untuk kembali kepada ahlussunnah bisa terlaksana.

Terima kasih kami pak Eko atas jasa-jasa sampeyan kepada kami, harapan kami yang mulai pupus sekarang sudah tumbuh lagi, sekarang tidak ada lagi konflik syiah – sunni yang ada hanyalah kedamaian yang hakiki, terima kasih pak eko semoga Allah membalah semua usaha dan dedikasi yang Pak Eko lakukan buat kami disini, wassalamualaikum warohmatullahi wabarkatuh “. Ungkap Ust. Tajul Muluk.

Bripka Eko Purwanto adalah anggota Polres Sampang kelahiran Gresikdengan segudang prestasidan mendapat beberapa penghargaan diantaranya :
1.Penghargaan dari KSP RI Jenderal Purn. Moeldoko.
2.Penghargaan dari Depti V KSP RI Jaleswari Pramodharwani.
3.Penghargaan dari Kapolda Jatim Irjen Pol DR. Nico Afianta, S.I.K, SH, MH.
4.Penghargaan dari Gubernur Jatim Khofofah Indar Parawansah.
5.Penghargaan dari Bupati sampang H. Slamet Djunaidi.
6.Penghargaan dari Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz, S.I.K, M.Si
7.Penghargaan dari Kapolres Sampang AKBP Didit Bambang Wibowo, S.I.K, MH (Dot)

Komentar

Berita Terkait