oleh

Kapolda Jateng Ungkap Pembunuh Ki Anom Subekti, Tersangka masih dirawat

Sumber : Kabar Jitu

matamatadot.com || Rembang – Dalam Konferensi Pers Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi menyampaikan keberhasilan polisi mengungkap tersangka pembunuhan Ki Anom Subekti berserta tiga anggota keluarganya di Rembang, Jawa Tengah, Rabu (3/2/2021) silam.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, Sumani sudah ditetapkan jadi tersangka kasus tersebut sebagai pelaku tunggal. Penyelidikan diawali Rabu (3/02/2021) setelah gelar perkara, perkiraan tersangka melakukan pembunuhan sekira pukul 21.00 Wib sampai dengan 24.00 Wib hasil Tim Labfor Forensik.

Baca Juga : Polres Rembang Ungkap Ada Motif Dendam, Geger Meninggalnya Dalang Ki Anom Subekti

Sumani (43 Th), warga Desa Pragu, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang ditetapkan tersangka oleh Kepolisian atas dugaan pembunuhan Ki Anom Subekti berserta 3 Anggota Keluarganya.

Polisi tidak memerlukan keterangan tersangka dengan bukti-bukti dari identifikasi saintifik telah cukup bagi kami untuk menetapkan Sumani sebagai tersangka sesuai dengan Pasal 184 KUHAP,” Jelas Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kamis 11 Februari 2021.

Ahmad Luthfi memberkan, Kepolisian masih ada kendala. Tersangka belum bisa dimintai keterangan lebih lanjut. Sumani masih sakit dalam perawatan di RSUD Setempat.

“Tersangka mengalami ketakutan saat diburu polisi, sehingga diduga mencoba untuk bunuh diri dengan meminum Pestisida,” jelasnya kepada media

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka diancam hukuman mati atau penjara seumur hidup,” ungkap Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Kronologis kejadian

  • Sumani bertamu ke tempat Ki Anom Subekti bermaksud membeli gamelan.
  • Sempat disuguhi kopi.
  • Benda tajam dan tumpul digunakan untuk membunuh korban.
  • Setelah melakukan pembunuhan, Sumani membawa pulang perhiasan emas berupa cincin, gelang, dan anting dari para korban.
  • Serta membawa kabur uang sebesar Rp 13,1 juta.

Kronologis pengungkapan

  • Olah TKP ditemukan 4 korban
  • Sidik jari yang menempel dalam gelas kopi
  • Sumani transfer uang senilai Rp 8 juta ke rekening atas nama Ratna Sari Dewi.
  • Hasil CCTV dan Keterangan saksi saksi.
  • Benda tajam berupa arit sudah diamankan pihak polisi, sedangkan benda tumpul belum diketemukan.

Baca Juga : 120 Anggota Polda Jatim Aksi Donor Plasma Konvalesen

Kilas balik Kejadian

Peristiwa kematian Dalang Ki Anom Subekti sempat menggegerkan warga Rembang Jawa Tengah, musibah menimpa keluarga tersebut lantaran Ki Anom Subekti bersama istrinya, Tri Purwari (50 Th); anaknya, AS (13 Th); dan cucunya, GLK (11 Th) meninggal dunia di tempat tinggalnya Padepokan Seni Ongkojoyo, Desa Turusgede, Kecamatan Rembang. Dugaan sementara dibunuh oleh seseorang yang masih belum diketahui identitasnya, Kamis (4/02/2021) dini hari.

Kapolres AKBP Kurniawan Tandi Rongre, menjelaskan keempat korban yang tewas tersebut diduga dibunuh pada dini hari saat semuanya sudah tertidur.

“Dugaan pembunuhan sementara dilakukan dengan kekerasan penganiyaan,” ujarnya kepada media Jumat (5/2/2021)

Kapolres Rembang menambahkan, berdasarkan hasil olah TKP menunjukkan, keempat korban ini dianiaya, terbukti dengan adanya lebam di tubuh korban yaitu di kepala, dan keempat korban ini hampir sama lebamnya di kepala, mengeluarkan darah dari hidung dan mulut.

Hasil penyelidikan sebelumnya, pihak kepolisian menduga tersangka membunuh keempat orang korban tersebut cenderung punya motif dendam karena tidak ada barang berharga tersangka. [mtm]

Komentar

Berita Terkait