oleh

Kasus Penistaan Agama Youtuber M Kace, Polisi Terima 4 Laporan Resmi

MataMataDot.com || Jakarta – Sejumlah pihak dari berbagai elemen masyarakat resmi melaporkan YouTuber M Kace atas kasus dugaan penistaan agama.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menyatakan laporan terhadap kasus YouTuber Muhammad Kace alias M Kace alias M Kece itu telah tahap proses oleh Bareskrim.

Tentunya, Polri sangat memahami munculnya keresahan di masyarakat terutama umat muslim di tanah air ini dengan munculnya video pada salah satu akun di YouTube. Dalam video tersebut dapat menimbulkan rasa kebencian, rasa permusuhan terhadap kelompok-kelompok tertentu.

Menurut Kabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto, terkait pernyataan Muhammad Kece, saat ini sudah ada 4 laporan masyarakat yang masuk. Pelaporan pertama di Bareskrim Polri dan tiga lainnya di Polda jajaran.

Meski begitu, kata Agus, nantinya pelaporan tersebut bakal satu berkas. Dalam hal ini, Bareskrim Polri menjadi Leading Sector dalam pemrosesannya.

“Gabungan lah, kan viral. Kita ada Cyber Patrol, kalau netizen dapat masa kita nggak. Selanjutnya ada yang buat laporan ke Mabes Polri dan jajaran (ada 4 laporan),” ucapnya.

Agus menjelaskan seluruh laporan terhadap Muhammad Kece bakal digabung. Bareskrim yang akan menindak lanjuti laporan tersebut.

“Semua akan dikumpulkan di Bareskrim. 1 di Bareskrim dan 3 di wilayah, kita satukan,” imbuh Agus.

Meski demikian, Agus enggan berkomentar kapan Muhammad Kece akan dipanggil. Dia hanya menyebut polisi masih memproses laporan.

Sebelumnya, YouTuber Muhammad Kece viral di media sosial. Beberapa ucapannya kontroversial, hingga menimbulkan berbagai kecaman.

Muhammad Kece dinilai telah menistakan agama Islam. Salah satu yang ia selewengkan adalah ucapan salam.

Muhammad Kece mengubah kata ‘Muhammad menjadi Yesus’. Hal itu sampai membuat umat Muslim marah hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengecamnya.

“Assalamualaikum, warrahmatuyesus wabarakatu,” ucap Muhammad Kece di dalam video yang diunggahnya di channel YouTube.

Tak hanya dalam ucapan salam saja, Muhammad Kece juga mengubah beberapa kalimat dalam ajaran Islam yang menyebut nama nabi Muhammad SAW.

Hal itu diucapkan Muhammad Kece layaknya seorang muslim sedang menyampaikan khutbah. Namun beberapa kalimatnya diselewengkan.

“Alhamduyesus hirabbilalamin, segala puji dinaikan kehadiran Tuhan Yesus, bapak di surga yang layak dipuji dan disembah,” tutur Muhammad Kece sebelum memulai pidatonya. [***]

Komentar

Berita Terkait