oleh

Kenali Penyebab Wanita Tidak Menstruasi (Haid)

Penyebab wanita tidak menstruasi atau haid sangat beragam. Wanita tidak mengalami menstruasi atau haid disebut dengan istilah Amenore. Amenore atau tidak menstruasi bisa terjadi karena berbagai alasan. Penyebab tersering adalah kehamilan. Namun, amenore juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya gaya hidup, kelebihan berat badan dan kurangnya olahraga.

Dalam beberapa kasus, ketidakseimbangan hormon atau masalah pada organ reproduksi mungkin menjadi penyebabnya.

Anda harus menemui dokter Anda jika Anda mengalami amenore. Penyebab yang mendasari anda tidak menstruasi mungkin memerlukan pengobatan.

Jenis Amenore:

Amenore primer

Adalah ketika seorang gadis remaja telah mencapai atau melewati usia 16 tahun dan masih belum mendapatkan menstruasi pertamanya. Kebanyakan anak perempuan mulai menstruasi antara usia 9 tahun dan 18 tahun, tetapi mayoritas usia rata-rata menstruasi adalah 12 tahun.

Amenore sekunder

Adalah saat seorang wanita berhenti menstruasi setidaknya selama tiga bulan. Ini adalah bentuk amenore yang lebih umum.

Dalam kebanyakan kasus, kedua jenis amenore ini dapat diobati secara efektif.

BACA JUGA: Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Hanya dengan Minum Air Putih

Penyebab tidak menstruasi atau haid:

Amenore primer dan sekunder dapat terjadi karena berbagai alasan. Beberapa penyebabnya adalah hal yang wajar dan tidak perlu pengobatan, sementara yang lain adalah kondisi medis yang perlu mendapatkan pengobatan.

  • Penyebab alami yang paling mungkin menyebabkan amenore termasuk kehamilan, menyusui, dan menopause.
  • Faktor gaya hidup mungkin termasuk olahraga berlebihan atau kurang olahraga dan stres. Selain itu, memiliki terlalu sedikit lemak tubuh atau terlalu banyak lemak tubuh juga dapat menunda atau menghentikan menstruasi.
  • Ketidakseimbangan hormonal di dalam tubuh dapat menyebabkan amenore. Mereka biasanya dipicu oleh tumor di kelenjar di bawah otak atau kelenjar tiroid. Tingkat estrogen rendah atau kadar testosteron tinggi juga bisa menyebabkannya.
  • Gangguan genetik atau kelainan kromosom, seperti Sindrom Turner dan sindrom Sawyer, terkadang bisa menyebabkan terlambat haid.
  • Pengobatan dapat menyebabkan amenore pada beberapa wanita.
  • Antipsikotik dan antidepresan sering terlibat.
  • Melakukan Kemoterapi obat dan mengkonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah dengan menstruasi juga.
  • Tiba-tiba berhenti pil KB juga dapat menyebabkan tidak menstruasi selama beberapa bulan sebelum siklus kembali normal.
  • Cacat fisik seperti masalah struktural pada organ reproduksi wanita mungkin bertanggung jawab atas tidak adanya atau penundaan menstruasi.
  • Masalah ini bisa disebabkan oleh cacat lahir, tumor, atau infeksi yang terjadi di dalam rahim atau tidak lama setelah lahir.

Komentar

Berita Terkait