oleh

Kenalkan Fitur Baru WhatsApp, Foto dan Video “Sekali Lihat”

MataMataDot.com || Surabaya – Kenalkan Fitur Baru WhatsApp, Foto dan VideoSekali Lihat“. Aktifitas mengambil foto atau video memakai Handphone adalah bagian tak terpisahkan dari hidup kita. Namun, tidak semua hal yang kita bagikan perlu menjadi jejak digital yang permanen.

Dengan seringnya memakai foto dan video, tentunya akan menghabiskan ruang penyimpanan di rol kamera.

Melansir dari blog WhatsApp, berkaitan dengan aktivitas Itulah, sebabnya WhatsApp meluncurkan fitur “Sekali Lihat“. Dalam fitur baru WhatsApp tersebut bisa menghilangkan foto dan video dari chat setelah dibuka. Dengan demikian, pengguna akan memperoleh kendali yang lebih besar atas privasi mereka.

Misalnya, pengguna ingin mengirim foto Sekali Lihat pakaian yang mereka coba di toko, reaksi spontan, atau informasi sensitif seperti kata sandi Wi-Fi.

Dalam fitur baru “Sekali Lihat” ini, WhatsApp melindungi pengguna dengan enkripsi end-to-end. Sehingga, semua pesan pribadi yang dikirim, WhatsApp sendiri tidak bisa melihatnya. Media tersebut juga akan ditandai dengan ikon “Sekali Lihat”.

Setelah media di lihat, pesan media tersebut akan menampilkan status “dibuka” agar tidak rancu dengan pesan lain di dalam chat.

“Kami meluncurkan fitur ini untuk semua pengguna mulai minggu ini dan menantikan masukan mengenai cara baru untuk mengirim media yang lebih privat ini.” tulis WhatsApp dalam blog resminya.

Media Sekali Lihat

Secara terperinci WhatsApp juga menjelaskan apa maksud dari media “Sekali Lihat”. Berikut ini adalah penjelasan WhatsApp mengenai media “Sekali Lihat” saat pengguna mengirim foto dan video kepada pengguna lain :

1. Media tidak akan tersimpan di Foto atau Galeri penerima.

2. Setelah mengirim foto atau video sekali lihat, Anda tidak akan dapat melihatnya lagi.

3. Saat media sekali lihat diaktifkan, Anda juga tidak dapat meneruskan, menyimpan, memberi bintang, atau membagikan foto atau video yang dikirim atau diterima.

4. Anda hanya dapat melihat apakah penerima telah membuka foto atau video sekali lihat jika mereka menyalakan laporan dibaca.

5. Jika Anda tidak membuka foto atau video tersebut dalam waktu 14 hari setelah dikirim, media akan kedaluwarsa dari chat.

6. Anda harus mengaktifkan media sekali lihat setiap kali ingin mengirim foto atau video sekali lihat.

7. Media sekali lihat dapat dipulihkan dari cadangan jika pesan belum dibuka pada saat pencadangan dilakukan. Jika foto atau video sudah dibuka, media tersebut tidak akan disertakan dalam cadangan dan tidak dapat dipulihkan.

Komentar