oleh

Kenapa Kita Perlu Makan Buah Setiap Hari?

Kenapa Kita perlu makan buah setiap hari? Inilah pertanyaan yang sering diungkapkan oleh beberapa orang. Banyak orang yang menganggap bahwa makan buah setiap hari tidak ada manfaatnya bagi kesehatan. Padahal, banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari rutin makan buah setiap hari.

Berdasarkan data FAO, konsumsi sayur dan buah penduduk Indonesia hanya sebesar 109,6 gram/hari/kapita. Jumlah tersebut masih di bawah rekomendasi konsumsi sayur dan buah yang ditetapkan FAO sebesar 180,1 gram/hari/kapita (Kemenkes 2014). Hal ini diduga disebabkan karena gaya hidup masyarakat yang lebih suka mengonsumsi pangan yang tidak sehat, seperti gorengan yang banyak mengandung minyak dan makanan cepat saji dibandingkan dengan buah-buahan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa alasan kenapa kita harus makan buah setiap hari

Berbagai manfaat buah-buahan:

Strawberry

Strawberry bermanfaat untuk mencegah penuaan.

Buah stroberi terdiri dari berbagai species, antara lain Fragaria x ananassa, Fragaria chiloensis, Fragaria daltoniana, Fragaria ‘Frel’ and ‘Serenata’, Fragaria indica, Fragaria moschata, Fragaria moupinensis, Fragaria nilgerrensis, Fragaria nipponica, Fragaria nubicola, Fragaria pentaphylla, Fragaria tibetica, Fragaria vesca L, Fragaria virginiana, Fragaria viridi. Salah satu dari species buah strawberry adalah Fragaria vesca L yang memiliki kandungan senyawa aktif yang berfungsi sebagai antioksidan bagi kulit, yaitu pada tahap permulaan menyertai aktivitas tertinggi pada Superoxide Dismutase (SOD), Catalase (CAT), dan Ascorbate Peroxide (APX), serta kandungan tertinggi pada fenol, flavonoid dan vitamin E. Konsentrasi vitamin E, total fenol, ascorbic acid dan flavonoid yang terkandung dibuah stroberi juga dapat meningkatkan kapasitas antioksidan

Manfaat Strawberry
Sumber: Countryliving.com

Pada penelitian yang pernah dilakukan untuk menguji aktivitas antioksidan stroberi menunjukkan bahwa ekstrak stroberi memiliki kapasitas antioksidan yang tinggi melawan radikal bebas, termasuk radikal superoksida, hidrogen peroksida, radikal hidroksil, dan oxygen singlet. Ekstrak stroberi sebanyak 0,5 mg/ml atau sebanyak 0,5 % (w/v) memiliki efek fotoprotektif yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi UV-A yang dapat menginduksi timbulnya radikal bebas.

Pisang

Pisang bermanfaat sebagai booster energi

Manfaat buah pisang
Sumber: Healthline.com

Penelitian sebelumnya menyebutkan komposisi kimia buah pisang raja per 100 g porsi makanan yaitu energi 116 kkal, air 67,30 g, karbohidrat 31,15 g, protein 0,79 g, lemak 0,18 g, dan kalium 465 mg. Sedangkan kandungan gizi buah pisang ambon per 100 g porsi makanan yaitu energi 102,89 kkal, air 72,28 g, karbohidrat 24,72 g, protein 1,02 g, lemak 0 g, dan kalium 217 mg.

Baca Juga: Ragam Manfaat Delima Untuk Kesehatan

Semangka

Bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Semangka mengandung 90 persen air,  elektrolit, vitamin, dan mineral. Kandungan dalam buah semangka tersaebut dapat menurunkan berat badan tanpa kehilangan energi dan mengalami kelemahan. Satu studi baru-baru ini menunjukkan bahwa orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas mengonsumsi dua cangkir semangka segar yang dipotong dadu selama satu bulan, mereka akan kehilangan lebih banyak berat badan terutama di bagian pinggul ke pinggang.

Nanas

Nanas bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada sendi.

Nanas merupakan buah tropis dengan daging buah berwarna kuning memiliki rasa manis dan dapat dikonsumsi dalam bentuk jus ataupun dimakan secara langsung. Nanas memiliki berbagai macam manfaat dalam bidang kesehatan. Selain itu nanas telah digunakan sejak zaman dahulu untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi proses inflamasi.

Nanas memiliki kandungan air sebesar 90% dan kaya akan Kalium, Kalsium, lodium, Sulfur, dan Khlor. Selain itu juga kaya Asam, Biotin, Vitamin B12, Vitamin E serta suatu enzim proteolitik yang disebut enzim bromelin. Nanas merupakan salah satu buah yang paling banyak mengandung enzim bromelin.Bromelin adalah salah satu enzim yang terdapat pada buah Nanas. Enzim yang memiliki kadar cukup tinggi pada nanas memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Bromelin mengandung enzim amilase, selulase, asam fosfatase, dan asam peroksidase dalam jumlah yang sangat kecil. Enzim ini memiliki kemampuan menguraikan struktur kompleks protein sehingga lebih mudah diserap tubuh. Agar aktif, bromelain memerlukan suhu optimum antara 50 °C sampai 60 °C dan pH pada kisaran 3,0-8,0. Untuk mempermudah mengkonsumsi, bromelin juga tersedia dalam bentuk suplemen. Bromelain pertama kali diekstrak pada tahun 1891 dan diperkenalkan sebagai suplemen terapi pada tahun 1957.Enzim bromelin pada buah nanas juga dipercaya sangat baik bagi penderita batuk. Enzim ini dapat menekan rasa gatal pada tenggorokkan yang membuat batuk, mengurangi inflamasi pada hidung, dan memecah lendir. Ini akan membantu melonggarkan tenggorokan. Enzim bromelain juga telah terbukti sangat bermanfaat untuk penyembuhan penyakit infeksi saluran pernapasan atas seperti bronkitis dan sinusitis.Enzim bromelin pada nanas dapat berperan sebagai anti inflamasi, membantu proses pencernaan dengan melunakkanmakanan di lambung, mengganggu pertumbuhan sel kanker, menghambat agregasi platelet, dan mempunyai aktivitas fibrinolitik. Bromelin sering digunakan oleh atlit olahraga untuk mengobati cedera fisik ataupun luka ringan. [Husnul Muthoharoh]

Komentar

Berita Terkait