oleh

Ampuh Sekali: Cincau Hijau untuk Menurunkan Asam Lambung

Cincau hijau memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk menurunkan asam lambung. Banyak yang sudah membuktikannya dan terbukti ampuh.

Cyclea barbata Miers yang dikenal masyarakat sebagai cincau hijau, merambat atau menjalar sepanjang 5-16 m dengan cara memanjat pohon inang atau tumbuh di tanah, tumbuh liar di pinggiran hutan, atau di semak belukar. Daun cincau ini telah dikenal sejak lama dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit seperti peradangan, nyeri lambung, demam, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Secara umum komponen bioaktif yang terkandung dalam daun cincau hijau antara lain flavonoid, klorofil, alkaloid, saponin, tannin, dan etanol sehingga dapat berfungsi sebagai obat. Senyawa flavonoid yang terdapat pada cincau hijau rambat adalah 3,0 glikosida flavonol.

Flavonoid merupakan senyawa antioksidan yang apat menyembuhkan tukak lambung, dan merupakan alternatif baru untuk menekan dan memodulasi tukak lambung yang juga disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Inilah yang membuat Cincau Hijau ampuh untuk menurunkan asam lambung.

Flavonoid juga mempunyai sifat anti bakteri dan anti viral. Kandungan zat aktif senyawa etanol juga efektif mengurangi jumlah dan diameter tukak lambung yang diinduksi oleh indometasin, etanol, dan aspirin.

Diketahui pada penelitian sebelumnya bahwa dengan menggunakan dosis empiris dari ekstrak daun cincau hijau dapat memperbaiki kerusakan mukosa lambung dan menurunkan kadar HCl (Hydrogen chloride) lambung yang diinduksi aspirin.

Cara Membuat Cincau Hijau yang Ampuh untuk Menurunkan Asam Lambung:

  1. Pilih daun cincau hijau yang lebar dan siap untuk dipetik (berwarna hijau tua)
  2. Siapkan 40 lembar daun cincau hijau
  3. Siapkan 1 Liter air matang
  4. Remas-remas daun cincau dengan tangan yang ditambahkan air matang sediki demi sedikit, sampai daun hancur.
  5. Saring untuk memisahkan antara air sari cincau dengan daun cincau
  6. Simpan air sari cincau di dalam kulkas sampai mengental dan padat seperti jeli.
  7. Untuk menikmati cincau, bisa dicampurkan dengan gula merah, santan, dan es batu

Komentar

Berita Terkait