oleh

KKP Ajarkan Aplikasi buku kas online kepada UMKM Mataram

matamatadot.com || Mataram – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Ajarkan Aplikasi buku kas online kepada UMKM Mataram. Kita tahu Kota Mataram terkenal dengan ayam taliwang. Namun, selain itu Kota Mataram juga mempunyai aneka produk olahan hasil laut. Sehingga, Aplikasi buku kas online sangat membantu UMKM Mataram untuk mengelola keuangan.

Aplikasi Buku Kas Online Penting Bagi UMKM

Menurut Data Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, mencatat ada 216 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Perikanan yang berada di Kota Mataram yang fokus dalam pengolahan ikan.

Oleh sebab itu, Hadirnya Aplikasi buku kas online sangat penting sebagai inovasi pengelolaan usaha secara online bagi Pelaku UMKM untuk menghadapi market dalam kondisi Pandemi Covid 19.

Sabtu (19/6/2021) – Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti mengatakan, Masyarakat lebih menggemari Produk perikanan siap santap dan siap masak. Pada umumnya, masyarakat menyukai ikan pindang, namun perlu adanya pengembangan produk olahan ikan yang inovatif, praktis dan menarik. Sebab itulah yang paling laris di era online saat ini.

“Kita tidak harus selalu menghasilkan inovasi jenis produk baru. Namun, kita dapat memperbaiki jenis produk yang telah ada, sehingga masyarakat lebih tertarik dan minat. Penerapan hasil perikanan harus terjamin mutunya dan keamanan pangan.” Terang Artati

Untuk itu, kata Artati, Ditjen PDSPKP melalui BBP3KP yang memiliki Satker di wilayah Kota Mataram sudah memberikan bekal bimbingan kepada UMKM perikanan.

Bimbingan Teknis Cara Menggunakan Aplikasi

Sementara itu Kepala BBP3KP, Widya Rusyanto, menerangkan awal Minggu ini sekitar 25 UMKM Perikanan di Kota Mataram mendapatkan bimbingan teknis contoh aplikasi buku kas online. Membuat tampilan produk Samosa Ikan Tuna dan pengolahan pindang tulang lunak (presto) Good Manufacturing Practices-Standard Sanitation Operational Procedure (GMP-SSOP).

“Aplikasi buku kas online adalah aplikasi pengelolaan keuangan yang mudah dan praktis. Kita bisa membuat pembukuan di mana saja dengan HP.” terang Widya.

Aplikasi Mudah Digunakan

Menurut Peserta UMKM Ares, Baiq Rokh Hilmi, Aplikasi buku kas ini penggunaanya tergolong mudah. Ia sangat terbantu, kebanyakan UMKM menggunakan pembukuan secara manual.

“Saya terbantu dengan aplikasi ini. Mengingat UMKM masih menggunakan pembukuan manual dengan risiko terselip dan lupa mencatat keuangannya.” Ucap hilmi

Hilmi menambahkan, penggunaan Aplikasinya sangat mudah, lengkap dengan menu untuk membuat kartu nama digital. Sekaligus, bisa mengirimkan tagihan melalui invoice online juga.

Sependapat dengan adanya pelatihan aplikasi buku kas, Anita dari UMKM Bale Bahari juga sangat antusias belajar pembuatan samosa ikan tuna dan presto. Menurutnya, ilmu tentang produk ini merupakan modal dalam mengembangkan usaha.

“Olahan samosa ikan ini rasanya sangat enak, bisa pakai jenis ikan apa saja sehingga gampang bagi kami mencari bahan bakunya, nggak pakai jenis ikan tertentu.” Kata Anita.

Lanjut, Kepala BBP3KP Widya mengatakan, perserta UMKM tidak hanya pengolahan produk dan manajemen. Bahkan, membekali UMKM Perikanan soal penerapan sanitasi dan higienitas.

“Kita harus menerapkan materi GMP-SSOP di unit produksi UMKM untuk menjamin produk memenuhi standar dan aman untuk konsumsi.” Cetus Widya.

Harapan, Kepala Bidang PDSPKP, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Wardi. Satuan kerja BBP3KP yang berada di Kota Mataram bisa bersinergi menjadi Dinas mitra strategis. Sehingga, terbentuk UMKM yang tangguh

“Hal ini untuk menciptakan UMKM tangguh melalui pembinaan inovasi produk olahan perikanan yang terbaru, terjamin mutu dan kualitas. Sehingga, produk olahan laut UMKM di NTB mempunyai nilai tambah dan berdaya saing,” harap Wardi.

Kemudian, Widya kembali menegaskan bahwa satuan kerjanya yang berada di Kota Mataram akan selalu mendampingi dan membina UMKM Perikanan di Provinsi NTB khususnya di Kota Mataram.

“Saya minta kepada para peserta bimbingan teknis untuk terus meningkatkan mutu produk dan kompetensiny. Terus beradaptasi dan memanfaatkan teknologi agar bisa berdaya saing di pasar offline dan online.” Pungkas Widya. [Dot]

contoh buku kas online shop

ayam taliwang terdekat, ayam bakar taliwang, olahan daging sapi

Komentar

Berita Terkait