oleh

Listrik Gratis PLN, Begini Cara Dapatkan Subsidi Listrik Maret Tahun 2021

matamatadot.com || Jakarta – Bulan Maret Tahun 2021 kali ini, Bagi pelanggan PLN akan mendapatkan subsidi listrik gratis PLN. Seperti dilansir esdm.go.id, Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang waktu pemberian stimulus sektor ketenagalistrikan berupa diskon tarif tenaga listrik, dan pembebasan ketentuan rekening minimum dan biaya beban atau abonemen hingga bulan Maret 2021. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Munir Ahmad saat mewakili Direktur Jenderal Ketenagalistrikan dalam Webinar Perpanjangan Stimulus Keringanan Tagihan Listrik Tahun 2021.

Tedapat Perubahan mekanisme stimulus keringanan

  • Direktur Bisnis dan Manajemen Niaga PT PLN (Persero) Bob Saril menyampaikan ada sedikit perbedaan mekanisme dalam pemberian stimulus keringanan tagihan listrik antara triwulan pertama tahun ini dengan tahun lalu.
  • Untuk pelanggan pascabayar, tahun 2020 semua pemakaian tarifnya didiskon, yakni 100% untuk 450 VA dan 50% untuk 900 VA subsidi. Namun di tahun ini, pemakaian yang didiskon adalah yang setara dengan 720 jam nyala. Pemakaian di atas itu dikenakan tarif normal subsidi,” ujar Bob. Sementara, relaksasi pelanggan tarif sosial, bisnis, dan industri tidak mengalami perubahan mekanisme.
  • Untuk pelangan prabayar, Bob menyampaikan pada tahun 2020 pelanggan 450 VA diberikan token gratis sebesar pemakaian tertinggi Desember 2019 hingga Februari 2020, sedangkan pelanggan 900 VA subsidi diberikan token diskon 50% terhadap konsumsi bulanan tertinggi Desember 2019 hingga Februari 2020 dalam bentuk pemberian token. Namun di tahun ini, Bob menjelaskan, pelanggan 450 VA diberikan token gratis sebesar stimulus tahun 2020. Sedangkan pelanggan 900 VA subsidi diberikan diskon 50% ketika pelanggan melakukan transaksi pembelian token.

Berikut dua cara mendapatkan subsidi listrik PLN :

  • Kedua mengakses website PLN, login www.pln.co.id, kemudian pilih menu stimulus Covid-19 (token gratis/diskon).

Untuk lebih jelasnya bisa simak penjelasan tutorial dibawah ini

J4V4 CH4NN3L

BACA JUGA : Provinsi Kalbar Termasuk Kawasan 3 T, PLN Sentuh Melalui Program Listrik Desa.

Komentar

Berita Terkait