oleh

Luar Biasa, Mahasiswa Kebidanan UNISLA lolos seleksi PKM-K

Luar Biasa, mahasiswa program studi kebidanan Universitas Islam Lamongan (UNISLA) lolos dalam seleksi Program Kreativitas Mahasiswa Bidang kewirausahaan (PKM-K). Mahasiswa kebidanan UNISLA bernama Armenia Kastar, dkk berhasil lolos dalam seleksi program PKM-K yang diadakan oleh Simbelmawa Kemendikbud. Judul PKM yang diajukan oleh mahasiswa Kebidanan UNISLA yang lolos seleksi PKM-K ini adalah LG DRINK (Lemongrass) atau minuman yang berbahan dasar serai.

Serai merupakan tanaman yang digunakan sebagai tambahan penyedap pada makanan, Armenia, dkk membuat inovasi baru menggunakan serai sebagai bahan utama pembuatan minuman yang memiliki khasiat dapat melancarkan sistem pencernaan. Kandungan pada serai dapat mengatur fungsi usus dan motilitas dengan sifat anti-mikroba yang dapat membunuh bakteri jahat dan parasit dan mengembalikan bakteri baik dalam usus, sehingga membantu meringankan masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan, sembelit, diare, dll.

Salah satu cara dalam memanfaatkan serai adalah dengan mengonsumsi air rebusannya. Manfaat rebusan serai terdapat pada senyawa antioksidan dan antiradang yang terkandung di dalamnya.

Manfaat Serai:
Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak serai mampu mencegah pertumbuhan bakteri. Termasuk di antaranya adalah bakteri yang dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut, seperti streptococcus sanguinis yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Rebusan serai juga bisa dijadikan obat kumur untuk menjaga kesehatan mulut. Kita juga dapat menggigit dan menggosokkan sisa rebusan batang serai pada gigi.

Meredakan kecemasan

Serai juga membantu meredakan kecemasan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menemukan bahwa menghirup serai, terutama dalam bentuk minyak esensial dapat membantu orang-orang yang punya masalah kecemasan.

Mengatasi kembung

Rebusan serai juga bisa digunakan untuk mengatasi kembung. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi rebusan serai dapat meningkatkan frekuensi berkemih karena memiliki efek diuretik. Sehingga, kembung yang terjadi karena menumpuknya cairan pada tubuh dapat diatasi. Manfaat rebusan serai yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang sama saat sindrom pramenstruasi (PMS)

Mencegah infeksi

Manfaat rebusan serai berikutnya adalah untuk mencegah infeksi. Sebuah studi menunjukkan bahwa serai mampu mencegah berbagai jenis infeksi yang dialami karena penurunan sistem imun tubuh, contohnya mengurangi dan meredakan sariawan pada penderita HIV.

Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak serai mampu menurunkan kadar kolesterol. Banyaknya kolesterol yang diturunkan tergantung pada banyaknya dosis yang digunakan. Untuk menurunkan lebih banyak kolesterol, maka diperlukan lebih banyak serai.

Meningkatkan jumlah sel darah merah

Manfaat rebusan serai lainnya adalah meningkatkan jumlah hemoglobin dan sel darah merah dalam tubuh. Hal ini dikaitkan dengan kandungan antioksidan yang terdapat pada serai. Manfaat ini dianggap bisa didapatkan lewat mengonsumsi rebusan serai selama 30 hari.

Mengatasi diare

Rebusan serai dapat digunakan untuk mengurangi frekuensi buang air besar sehingga bermanfaat untuk mengatasi diare. Tanaman ini juga memiliki fungsi antibakteri yang dapat mengurangi infeksi pada saluran pencernaan.

Tujuan dari pembuatan LG Drink

Tujuan dari pembuatan minuman LG Drink ini adalah untuk menciptakan suatu produk yang menarik dengan bahan dasar serai yang menyehatkan untuk tubuh, mengembangkan jiwa kreativitas mahasiswa dan masyarakat agar lebih kreatif dalam berwirausaha, Mengajak mahasiswa dan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam usaha pembuatan minuman ini. Manfaat bagi mahasiswa yang menjalankan, usaha ini akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan, kreativitas dan peluang untuk mendapatkan uang dalam berwirausaha, bagi masyarakat dan mahasiswa yang menjadi target pemasaran diharapkan agar lebih dapat mengenal LG Drink dengan manfaat yang baik untuk kesehatan.(HM)

Komentar

Berita Terkait