Mahasiswa FH UNIKAMA Turut Layani Pendataan Pemohon SKCK di Polres Probolinggo

Probolinggo || Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menjadi dokumen yang wajib digunakan untuk beberapa keperluan, SKCK merupakan surat yang dikeluarkan oleh Polri, dimana berisikan riwayat atau catatan kejahatan seseorang. Dan memiliki masa berlaku enam bulan sejak tanggal diterbitkan. Serta bisa diperpanjang jika sudah melewati masa berlaku tersebut.

Pembuatan SKCK sendiri dibuat di tingkat polsek dan polres tempat domisili calon pembuat. Diketahui, Pada umumnya, SKCK diperlukan untuk keperluan pendaftaran CPNS dan berbagai lowongan pekerjaan lainnya.
namun, tidak semua orang bisa dan memiliki kesempatan membuat SKCK di tempat asalnya. kebanyakan, orang yang akan merantau dan hendak mencari pekerjaan selalu terkendala dengan aturan jika membuat SKCK harus pulang kampung terlebih dahulu.

Untuk mengetahui proses penerbitan SKCK, sejumlah mahasiswa dari Fakultas Hukum (FH) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) Malang, melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Polres Probolinggo, tidak hanya melihat, mereka turut terjun langsung dalam proses penerbitan SKCK.

Selama pelaksanaan PKL yang berlangsung sebulan, mereka didampingi oleh personel dari Bagian SAT INTELKAM Polres Probolinggo, berbagai bentuk layanan mereka lihat dan pelajari, mulai dari proses melakukan pendataan identifikasi data diri, hingga cap sidik jari para pemohon.

Pendamping mahasiswa, dari personel Bagian SAT INTELKAM Polres Probolinggo Fitra Samsudin mengatakan, untuk pengajuan permohonan SKCK dapat dilakukan dengan datang langsung ke Polres atau bisa secara online, dan dikenakan biaya administrasi sebesar 30 Ribu Rupiah sesuai ketentuan yang berlaku.

“Ada beberapa syarat yang perlu dilengkapi pemohon saat mengurus SKCK secara Offline, yakni membawa surat rekomendasi dari Polsek, Fotokopi KTP, Foto formal berukuran 4×6 latar merah hingga Mengisi formulir atau pelengkapan data diri”, Katanya.

Fitra menambahkan, pihaknya mengapresiasi kekehadiran mahasiswa dari UNIKAMA untuk belajar dan turun langsung dalam pelayanan pembuatan SKCK.

“Dengan pelaksanaan PKL ini, kami berharap mahasiswa dapat menyerap ilmu yang didapat dan bisa memberikan informasi yang benar kepada masyarakat, karena dalam melaksanakan tugas kami berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan ramah serta tempat yang bersih dan nyaman”, Jelasnya. (arj)

Komentar