oleh

Masih Pandemi Covid 19, Momen Sakral Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pada Tahun 2020 di Jawa Timur Sesuai Prokes Ketat

matamatadot.com || Surabaya – Kepala Biro Admisnistrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur Jempin Marbun memastikan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih pada Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 dilaksanakan pada hari Jumat (26/02/2021). Pelantikan yang digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya ini akan diterapkan dengan prokes yang ketat.

“Dari hasil rapat koordinasi secara virtual dengan Dirjen Otonomi Daerah dengan menghadirkan Sekda dari semua daerah atau provinsi yang melakukan pilkada teknis pelaksanaan pelantikan dilakukan secara hybrid,” ujar Jempin usai melakukan gladi bersih Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih di Gedung Negara Grahadi Rabu (24/2).

Gladi Bersih Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pada Tahun 2020 di Gedung Negara Grahadi Surabaya

BACA JUGA : Satu Juta Masker dibagikan Polda Jatim dalam pencanangan Gerakan santri bermasker

Jempin menambahkan, Bupati dan Wakil Bupati Terpilih yang akan dilantik nantinya dari Kemendagri diberikan toleransi untuk dilantik di Ibukota Provinsi, dalam hal ini di Jatim di Gedung Grahadi,” jelas mantan Kepala Biro Hukum Pemprov Jatim ini.

Jempin juga mengatakan, bahwa yang datang di Grahadi nanti hanya Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik beserta istri. Sedangkan undangan lainnya tetap mengikuti secara virtual di kabupaten dan kota masing-masing. “Pemerintah berharap bahwa pelantikan nanti tidak menjadi klaster baru Covid-19. Makanya satu ruangan pelantikan nanti jumlah yang hadir dibatasi yakni maksimal 25 orang,” jelasnya.

menurutnya bahwa pelantikan nanti dilakukan tiga sesi. Sesi 1 jam 09.00 sampai selesai dengan diikuti 6 daerah, kemudian sesi 2 jam 13.00 juga diikuti 6 daerah dan sesi 3 jam 16.00, diikuti 5 daerah. “Semuanya pada hari Jumat 26 Februari. Prosesi pelantikan ini merupakan momen yang sangat sakral. Karena itu hal ini memang diharapkan oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk dilantik secara langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa,” terangnya.

Diketahui, di Jatim ada 19 Pemilihan Serentak Lanjutan pada Tahun 2020. Yakni di Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Kota Pasuruan, Tuban, Sumenep, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Banyuwangi, Jember, Pacitan, Kabupaten Mojokerto, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, dan Situbondo. Sebanyak 17 kepala daerah terpilih awalnya akan dilantik pada 17 Februari 2021. Sedangkan dua lainnya yakni Pacitan dan Tuban, pelantikannya sesuai akhir masa jabatan kepala daerah saat ini. [mtm]

BACA JUGA : Ikatan Alumni ITB Serahkan bantuan Sosial 10.000 Alat Rapid Antigen kepada Gubernur Jatim

Komentar

Berita Terkait