oleh

MataMata Spyware Pegasus, Bikin CEO Telegram dan WhatsApp Geram

MataMataDot.com || Surabaya – Heboh perangkat lunak MataMata Spyware Pegasus dari NSO Group, membuat bos Telegram dan WhatsApp merasa geram.

Perasaan jengkel tersebut bukan tanpa alasan. Bagi bos dua aplikasi perpesanan paling populer di dunia “Telegram dan WhatsApp”. Perangkat lunak MataMata Spyware Pegasus tentunya sangat mengganggu penggunanya.

Kedua bos “WhatsApp dan Telegram” secara independen berkomentar bahwa perangkat lunak MataMata telepon Pegasus NSO Group menjadi bahaya nyata bagi kita semua.

Kedua bos “Telegram dan WhatsApp” punya pengalaman buruk akibat perangkat lunak MataMata telepon semacam itu.

Melansir dari beberapa sumber media internasional seperti Phone Arena, The Guardian. Pendiri WhatsApp Will Cathcart, dengan cepat menepis argumen untuk masa depan layanan obrolan.

Will Cathcart, adalah mantan pejuang spam di Gmail yang sangat fasih berbicara soal ancaman privasi telepon seperti Pegasus, karena ia juga punya pengalaman menyakitkan dengan software MataMata “SPYWARE” tersebut.

Saya berharap Apple akan mulai mengambil pendekatan itu juga. “Jadilah keras, bergabunglah. Tidak cukup untuk mengatakan, sebagian besar pengguna kami tidak perlu khawatir tentang hal ini.” Kata Will Cathcart

Jika ini memengaruhi jurnalis di seluruh dunia, dan pembela hak asasi manusia di seluruh dunia, itu memengaruhi kita semua. Dan jika ponsel seseorang tidak aman, itu berarti ponsel semua orang tidak aman.

Pada catatan yang sama, sekarang ada alat untuk memeriksa apakah iPhone Anda telah diretas oleh spyware Pegasus karena satu dan lain alasan. Ini tidak terlalu mudah, dan ketika Apple menghubungkan kerentanan yang memungkinkan instalasi Pegasus tanpa klik, mungkin ada kerentanan lain yang dibuka.

Komentar

Berita Terkait