oleh

Mual dan Muntah Saat Hamil (Morning Sickness), Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mual dan Muntah Saat Hamil, Penyebab dan Cara Mengatasinya – Ibu hamil sering mengalami morning sickness. Morning Sickness adalah kondisi mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil, biasanya disertai dengan pusing di kepala dan biasanya terjadi pada pagi hari.

Mual dan muntah biasanya dialami oleh ibu hamil trimester pertama (Usia kehamilan minggu ke-4 sampai minggu ke-6). Kondisi tersebut dapat berlangsung sebentar atau beberapa hari saja, tetapi ada juga ibu hamil yang mengalaminya sampai berminggu-minggu bahkan hingga usia kehamilan menginjak trimester 2 (Usia kehamilan lebih dari 3 bulan).

Hasil gambar untuk mual muntah pinterest
Sumber: ygi.or.id

Penyebab dari morning sickness ini belum diketahui dengan pasti, tetapi banyak peneliti dan pakar kesehatan yang menduga kondisi ini disebabkan karena hormone Human Chorionic Gonadotropin (hCG). Faktor psikologis mungkin bisa menjadi penyebab utama dari morning sickness, karena tidak semua ibu hamil mengalami mual muntah atau morning sickness.

Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengatasi morning sickness antara lain:

  1. Mengkonsumsi makanan dalam jumlah sedikit, tetapi sering. Jangan makan dalam jumlah atau porsi yang terlalu banyak karena akan menambah rasa mual
  2. Menghindari makanan yang banyak mengandung lemak, bumbu, makanan terlalu asam atau terlalu pedas
  3. Mengkonsumsi makanan yang yang banyak mengandung kadar karbohidrat dan protein, serta memperbanyak makan sayur dan buah.
  4. Menghindari makanan yang beraroma tajam
  5. Minum madu atau the hangat
  6. Memperbanyak asupan cairan dengan minum air putih, susu rendah lemak, atau jus buah untuk menggantikan cairan yang dikeluarkan selama muntah serta untuk mencegah dehidrasi
  7. Memperbanyak makanan yang banyak mengandung vitamin B6, seperti pisang, alpukat, atau sereal
  8. Bila kondisi anda saat hamil memungkinkan, maka bisa melakukan gerakan senam ringan atau berjalan-jalan di pagi hari
  9. Mengkonsumsi makanan atau yang mengandung jahe, seperti biscuit jahe atau teh jahe

Cara membuat teh jahe:

Masukkan 5 gram jahe ke dalam 1 gelas air, masak hingga mendidih (kurang lebih 5 menit). Minum 2-3 cangkir teh jahe dalam sehari

BACA JUGA: Beragam Manfaat Jahe untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Gejala morning sickness yang harus segera mendapatkan pertolongan dokter

 Apabila merasa sangat lemah, nyeri kepala hebat, produksi air liur berlebihan sehingga memicu keinginan untuk muntah, serta muntah terlalu banyak sehingga tidak dapat mengkonsumsi makanan dan minuman apapun.

Komentar

Berita Terkait