oleh

PBNU Sesalkan Soal Pengusiran Jama’ah di Dalam Masjid Kawasan Bekasi

matamatadot.com || Jakarta – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sesalkan soal kejadian pengusiran terhadap seseorang jama’ah yang sedang melaksanakan sholat di Masjid Kawasan Bekasi oleh kelompok dengan alasan di Masjid di larang menggunakan masker. Terlebih cara pengusiran itu menggunakan ayat suci Al Qur’an.

PBNU Sesalkan

PBNU Sesalkan, Kami menegaskan bahwa pengggunaan masker bukan tindakan kriminal dan menggunakan masker bukan sesuatu yang membatalkan sholat atau membatalkan peribadatan,” kata Sekretaris Jenderal PBNU Gus Helmy Faishal Zaini dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (5/3).

Seperti, Kebijakan dari dua Masjid suci Makkah Al Mukarramah dan Madinah Al Munawwarah. Di sana jama’ah di haruskan menggunakan masker dalam ibadah. “Justru yang berbahaya.” kata Gus Helmy. Mereka yang mengatasnamakan agama, namun justru merusak agama.

“Mohon maaf contoh adalah menggunakan ayat bahwa barang siapa yang masuk ke baitullah akan di jaga keamanan dan keselamatannya, ayat ini benar tapi kita tidak meletakkannya secara keliru.” terang Gus Helmy.

“Bahwa kondisi dalam pandemi wabah, penggunaan masker atau protokol kesehatan bagian dari hifzun nafs bahwa keselamatan jiwa.” tambahnya.

Kiai Muda kelahiran Cirebon mengungkapkan bahwa hifzun nafs lebih di sarankan dalam beragama. Maka untuk itu mari dalam memberi peringatan dengan cara yang baik dan jika ada perbedaan, maka selesaikan dengan cara yang baik.

“Saya mendengar para pemuda itu sudah meminta maaf, mari kita maafkan. Mudah mudahan jadi pelajaran kita semua. Dakwah Islam harus di jalankan dengan cara yang ramah, bukan marah. Mari kita mengingatkan dalam peringatan dalam cara yang baik, sehingga kita mendapatkan hikmah yang baik.” pesannya.

Kronologis Pengusiran Jama’ah

Viral video seorang jama’ah sholat menggunakan masker di dalam masjid justru di usir oleh takmir masjid. Dari informasi yang di himpun, itu terjadi di Masjid Al Amanah kawasan perumahan Harapan Indah Bekasi, Jawa Barat.

Nampak dalam video berdurasi 2 menit 20 detik seorang jama’ah pria yang baru menyelesaikan sholat di datangi oleh beberapa Takmir Masjid. Mereka memarahi jama’ah yang sholat di dalam masjid karena menggunakan masker.

“Jangan pakai masker, ada perbedaan masjid dengan pasar,” kata salah seorang takmir, Minggu (2/5/2021).

Pria yang pakaian kuning dengan peci itu mengutip Al Qur’an surat Ali Imran ayat 96 yang artinya “Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang di bangun untuk manusia adalah (Baitullah) yang di berkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam.”

Lantas, jama’ah itu tetap menggunakan masker dengan alasan menggunakan masker di dalam masjid merupakan aturan yang telah di tetapkan oleh pemerintah untuk mencegah penularan Covid 19.

Namun, alasan si jama’ah terus di bantah oleh takmir masjid. Mereka menyebut masjid memiliki aturan yang berbeda dengan pemerintah. (*)

Komentar

Berita Terkait