oleh

Peluang Perdagangan Online di Tingkat Global

matamatadot.com || Jakarta – Adanya peluang perdagangan online di tingkat global bagi Indonesia. Dengan itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan peluang perdagangan global.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan berbagai terobosan dalam menggunakan perdagangan online pada lintas negara.

Perdagangan global menggunakan sarana elektronik membawa keuntungan dan terobosan untuk menciptakan pelaku usaha baru yang tangguh. Tapi harus ada urutan yang harus di lakukan,” Terang Mendag.

Dalam webinar Dialog Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Shopee Indonesia dengan tema “UMKM Indonesia Menuju Pasar Global” di Jakarta pada Senin (14/6/2021).

Perdagangan Online, yaitu perdagangan melalui sistem online. Pastinya perdagangan UMKM akan menjadi lebih mudah dan dekat.

“Pemerintah dalam hal ini melakukan dukungan dengan membangun infrastruktur logistik agar perdagangan menjadi lebih murah.” Kata Mendag.

“Ketika infrastruktur dan digital ekonomi di gabungkan, maka biaya logistik akan menjadi lebih murah dari negara lain. Ini semua bisa kita kerjakan karena adanya sistem online. Kita diuntungkan oleh proses digitalisasi ekonomi,” imbuh dia.

Lanjut Mendag, Pelaku UMKM juga kita dorong beralih dari sektor informal menjadi sektor formal melalui berbagai kemudahan perizinan.

Selain itu, pemerintah juga sudah membuka jalan untuk pelaku UMKM mengakses pembiayaan dengan mudah melalui program permodalan tanpa jaminan.

“Bila tanpa izin, UMKM tidak bisa masuk ke sektor formal untuk mendapatkan akses permodalan. Pemerintah sudah memberikan program permodalan tanpa jaminan untuk UMKM,” Tutupnya.

Komentar

Berita Terkait