oleh

Pengukuhan Bunda GenRe Pacitan oleh Bunda GenRe Jatim

matamatadot.com || Pacitan – Pengukuhan Bunda GenRe Pacitan oleh Bunda GenRe Jatim Arumi Bachsin. Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak yang sekaligus sebagai Bunda GenRe Jatim itu. Memberikan wawasan kepada masyarakat pentingnya mewujudkan kesadaran soal dampak negatif pernikahan di bawah umur ideal.

Pernikahan di bawah umur menjadi triad permasalahan KRR meliputi pernikahan di bawah usia ideal sesuai program Keluarga Berencana (KB). Yakni, 20 tahun, seks pra nikah, serta Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA).

Bukan hanya itu, Arumi juga menghimbau para orang tua untuk ikut berperan aktif membentuk remaja berkarakter. Para orang tua harus mengarahkan dengan perencanaan pernikahan yang matang kepada anaknya.

Oleh sebab itu, PKK dan BKKBN telah mendesain kegiatan mendukung program gerakan GenRe melalui pendidikan penundaan usia pernikahan dini, edukasi calon pengantin (catin), pendidikan sebaya untuk remaja putri. Serta pencegahan dan penanganan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

“Sehingga saya menghimbau para orang tua untuk mengatur segala aspek kehidupan anak supaya mereka terjaga dari ancaman pernikahan dini yang semakin masif dan agresif.” Tutur Arumi.

Arumi yang juga sebagai Bunda GenRe Jatim itu terus menyampaikan pentingnya penurunan angka pernikahan dini.

Menurut Arumi, program dan bimbingan orang tua dengan memfokuskan kondisi di mana anak muda menormalisasi pertimbangan aspek- aspek yang berkaitan dengan kehidupan keluarga.

Pengukuhan Bunda GenRe Pacitan

Sementara di tempat terpisah, Secara Virtual telah dilaksanakan pengukuhan Bunda GenRe Paciran oleh Bunda GenRe Jatim Arumi Bachsin

Arumi berharap, Efi Indrata dengan rasa tanggung jawab terhadap keberhasilan program KB di wilayahnya, setelah mengemban amanat selaku Bunda GenRe Pacitan.

Semoga, kita bisa bersama-sama mewujudkan keluarga kecil berkualitas dengan SDM yang berkualitas juga.” Terangnya Arumi.

“Yang pasti kami harus bekerjasama langsung dengan Duta GenRe Kabupaten Pacitan. Sebab, mereka bergerak langsung dengan remaja lainnya,” ucap dia usai pengukuhan melalui virtual zoom di ruang rapat Bupati, (2/6/2021).

Ketua TP PKK Kabupaten Pacitan Efi Suraningsih dikukuhkan sebagai Bunda Genre Pacitan oleh Bunda Genre Jatim Arumi Bachsin Dardak melalui daring, Rabu (2/6/2021).

Setahun pertama Efi mengaku memilih fokus terhadap Duta GenRe. Dengan secara langsung mendukung setiap kiprah mereka dalam mensosialisasikan programnya ke sesama remaja terhadap nikah dini, seks pranikah dan Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif).

Sementara itu, permasalahan yang terjadi di Pacitan terhadap besarnya angka nikah dini. Menurut Bunda GenRe adalah kurang efektifnya komunikasi antara orangtua dan anak. [mtm]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait