oleh

Peringati Hari Jadi Gunungkidul ke 190 Ziarah ke Makam Bupati Pertama

matamatadot.com || Gunungkidul – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul yang ke 190 Tahun. Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan, SIK bersama Bupati melaksanakan Ziarah ke makam Bupati Pertama Mas Tumenggung Pontjodirjo, di Genjahan Ponjong Gunungkidul Senin (24/5/2021).

Peringati Hari Jadi Gunungkidul ke 190

Turut hadir Forkopimca dan Panewu se Kabupaten Gunungkidul. Rangkaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul kali ini adalah Ziarah sekaligus upacara sederhana di area makam. Upacara tersebut di pimpin Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta serta pembacaan Sejarah Singkat Mas Tumengung Ponco Dirjo.

Sambutan pihak keluarga Bupati Pertama Gunungkidul menyampaikan bahwa Ziarah Makam ke mantan Bupati Gunungkidul merupakan wujud penghargaan atas jasa para pemimpin Gunungkidul dan merupakan ajang silaturahmi yang sangat baik.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak keluarga dwn rombongan peziarah dari Pemda Kabupaten Gunungkidul.

“Rangkaian kegiatan ini masih dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul yang ke 190. Salah satunya adalah dengan berziarah ke makam Mantan Bupati Gunungkidul. Bertujuan untuk mengingat perjuangan dan pengorbanan para pendahulu dalam membangun Gunungkidul.” Tuturnya.

Acara ziarah ke Makam Mantan Bupati Gunungkidul di akhiri dengan Tabur bunga di Pusara Almarhum Mas Tumenggung Pontjodirjo dan almarhum Prof Dr.Ir.H Sumpeno Putro MSc oleh Bupati Gunungkidul beserta rombongan.

Gambaran Singkat Gunungkidul

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia. Pusat pemerintahan berada di Kapanewon Wonosari. Luas sekitar satu per tiga dari luas daerah induknya, kabupaten ini relatif rendah kepadatan penduduknya dibandingkan kabupaten lain. Jumlah Populasi Gunungkidul pada tahun 2018 berjumlah 736.210 jiwa, laki-laki 355.282 jiwa dan perempuan 380.928 jiwa. (**)

Komentar

Berita Terkait