oleh

Persela Lamongan Pinjam Gian Zola dari Persib Bandung

Pihak Persib Bandung rela melepas Gian Zola Nasrulloh Nugraha ke Persela Lamongan dengan status pinjaman.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahyono mengatakan, manajemen Persib sudah menerima surat penawaran dari Persela untuk peminjaman Zola.

“Iya kami menerima surat permohonan peminjaman dari Persela. Belum ada keputusan untuk durasi, kami sedang bahas secara internal,” kata Teddy kepada wartawan, Rabu (11/8/2021).

Persela sudah mengajukan pinjaman ke Persib atas Zola, namun Pihak Teddy belum bisa menyebutkan detail pengajuan pinjaman oleh Persela Lamongan. Begitu pula dengan masa atau durasi peminjaman Zola di klub berjulukan Laskar Joko Tingkir itu. Teddy mengatakan, hal tersebut masih dalam pembahasan secara internal oleh manajemen dan tim pelatih.

Kabar terkait peminjaman Zola ke Persela sebenarnya sudah menyebar sejak beberapa waktu yang lalu.

Robert Rene Alberts selaku pelatih Persib pun sudah pernah memberikan respons positif, meski kala itu belum ada pengajuan resmi dari manajemen Persela ke manajemen Persib untuk peminjaman Zola.

Pada intinya, Alberts bersedia melepas Zola ke Persela dengan status pinjaman. Alberts menilai, kepindahan tersebut bisa berdampak positif bagi perkembangan potensi Zola. Setidaknya, di Persela, Zola akan mendapat lebih banyak kesempatan bermain.

Alberts mengakui, dirinya tidak bisa memberikan jaminan tempat utama bagi Zola untuk skuad Persib musim ini. Selain karena sempat mengalami cedera panjang, Zola juga harus menghadapi persaingan sengit untuk memperebutkan posisi inti di lini tengah Maung Bandung.

Kakak kandung Beckham Putra Nugraha itu harus bersaing dengan sejumlah nama seperti Marc Anthony Klok, Dedi Kusnandar, Abdul Aziz Lufti Akbar, hingga Mohammed Bassim Rashid.

“Zola sempat absen dalam waktu yang lama karena cedera yang serius dan tentu sulit bagi Zola untuk mendapat tempatnya jika melihat pemain-pemain yang tersedia,” ucap Alberts, belum lama ini.

Menurut Alberts, opsi peminjaman menjadi pilihan yang cukup logis bagi Zola untuk terus berkembang. Zola akan memiliki kans lebih besar untuk mendapat menit bermain secara reguler.

Alberts melihat potensi Zola sebagai pesepak bola bertalenta. Untuk menunjang perkembangannya, Zola membutuhkan menit bermain.

Setelah masa peminjamannya berakhir, dan Zola menunjukkan progres yang signifikan, besar kemungkinan Zola akan mulai mendapat menit bermain reguler di Persib. Menurut Alberts, peminjaman adalah hal yang sudah biasa karena bermanfaat dalam proses pembinaan pesepak bola muda bertalenta

“Untuk Zola jika memang ada klub (tertarik meminjam) itu bagus bagi Persib. Karena ketika masa peminjaman sudah selesai, pemain sudah mulai sering bermain dan siap untuk mendapat posisinya di tim lagi,” kata Alberts beberapa waktu lalu.

Bagi Zola, ini merupakan kali kedua dirinya meninggalkan Persib dengan status pinjaman.

Sebelumnya, pada putaran kedua Liga 1 2018, Persela juga sempat pinjam Zola. Hasilnya tidak mengecewakan, saat itu di Persela, Zola mampu memainkan peran penting di lini tengah Laskar Joko Tingkir.

Panggilan timnas pun sempat didapatkannya. Setelah setengah musim bermain untuk Persela, Zola kembali ke Persib pada musim 2019. Sayangnya, ketika kembali ke Persib, Zola gagal mendapatkan menit bermain secara reguler.

Komentar

Berita Terkait