oleh

Profil Marie Thomas, Perempuan yang Muncul di Google Doodle

Profil Marie Thomas, Perempuan yang Muncul di Google Doodle — Hari ini ketika membuka penelusuran google, kita akan mendapati gambar seorang wanita yang berpakaian putih layaknya seorang dokter dan sedang menggendong seorang bayi.

Pasti kita akan bertanya-tanya, siapakah Marie Thomas?

Wanita tersebut adalah dokter wanita pertama di Indonesia yang hari lahirnya dikenang oleh google. Hari ini tanggal 17 Februari 2021, Google merayakan ulang tahun Marie Thomas yang ke-125.

Marie Thomas mungkin bisa menjadi inspirasi bagi para kaum hawa, karena Marie Thomas menjadi satu-satunya wanita yang bisa mengukir sejarah sebagai wanita pertama di Indonesia yang menjadi dokter bahkan Marie Thomas adalah wanita pertama yang menjadi dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi di Indonesia.

BACA JUGA: Sosok Sri Mulyani: Srikandi Masa Kini

Marie Thomas lahir pada tanggal 17 Februari 1986 di Likupang yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara. Marie Thomas mulai mengenyam pendidikan kedokteran di STOVIA pada bulan September 1912. Pada saat pendaftaran, Maria Thomas adalah satu-satunya siswa perempuan di antara sekitar 200 siswa laki-laki di sana.

Marie Thomas sekolah kedokteran selama 10 tahun, dia menyelesaikan studi dan menjadi lulusan pertama wanita  di STOVIA pada tahun 1922. Marie Thomas jugalah dokter pertama di Indonesia yang memperkenalkan alat kontrasepsi IUD (Intrauterine Deviece) untuk pertama kalinya.

Pada tahun 1950, karena kecintaan yang besar terhadap ilmu Kebidanan dan Kandungan, Marie Thomas mendirikan sekolah Kebidanan di Bukittinggi, yang merupakan sekolah kebidanan pertama di wilayah Sumatera dan yang kedua di Indonesia.

Marie Thomas telah menjadi inspirator bagi kita semua, terutama para wanita. Dan Marie Thomas sangat berjasa karena telah membukakan jalan bagi wanita untuk bisa menjadi seorang dokter, wanita harus tetap berjuang dalam meraih cita-cita, harus tetap berusaha untuk meningkatkan kualitasnya melalui pendidikan setinggi-tinnginya, dan menebar banyak manfaat melalui profesinya.

BACA JUGA: Sosok Perempuan Hebat Berkepribadian Unik, Sederhana, Nyentrik: TRI RISMAHARINI

Komentar

Berita Terkait