oleh

Punya Keluhan Terhadap Pinjaman Online? Laporkan Segera

MataMataDot.com || Surabaya — Punya Keluhan Terhadap Pinjaman Online? Bisa Laporkan Segera. Masyarakat bisa membuat aduan perusahaan teknologi finansial (fintech), atau nama lainnya pinjaman online (pinjol) ke pihak berwenang. Anda bisa mengadukan baik soal perusahaan terdaftar dan berizin, maupun perusahaan ilegal.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bahwa masyarakat bisa melakukan pengaduan jika mengalami permasalaahan dengan perusahaan Pinjaman Online (Pinjol).

Cara melaporkan Perusahaan Pinjol

Masyarakat bisa melaporkan Perusahaan Pinjaman Online bila melanggar ketentuan yang berlaku. Soal Pengaduan bisa untuk perusahaan legal maupun ilegal.

Apabila masyarakat mempunyai keluhan tentang perusahaan pinjol legal, atau yang terdaftar dan berizin. Maka pengaduan bisa melalui OJK dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Keduanya, merupakan Asosiasi yang membawahi semua perusahaan pinjaman legal.

“OJK dan AFPI menerima pengaduan mengenai fintech lending yang terdaftar dan berizin di OJK,” tulis OJK lewat keterangan resminya, Minggu (27/6/2021).

Cara Pengaduan Pinjol Legal

Simak Cara melakukan Pengaduan Pinjaman Online Legal ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebagai berikut :

  1. Lewat sambungan telepon ke nomor 157.
  2. Email (surat elektronik) ke [email protected]
  3. Melalui situs Kontak157.ojk.go.id. Caranya pilih menu pengaduan dan mengisi seluruh informasi yang secara detail dan bukti.
  4. Lalu, pengaduan ke AFPI bisa lewat situs afpi.or.id. Caranya pilih kolom pengaduan dan isi seluruh informasi detail dan menyertakan bukti permasalahan.

Cara Pengaduan Pinjol Ilegal

Selanjutnya, Cara mengadukan pinjaman online ilegal, sebagai berikut :

  1. Bisa melaporkan pengaduan ke Kepolisian terdekat dan Satgas Waspada Investasi [SWI].
  2. Laporan ke pihak kepolisian bisa melalui situs patrolisiber.id atau melalui surat elektronik ke [email protected]polri.go.id.
  3. Untuk pengaduan ke SWI bisa melalui surat elektronik ke [email protected]

OJK berharap masyarakat untuk memastikan hanya menggunakan fintech lending yang terdaftar dan berizin OJK

“Pastikan hanya menggunakan fintech lending yang terdaftar dan berizin OJK.” tulis OJK dalam keterangan resminya. [Dot]

Komentar

Berita Terkait