oleh

Retas Situs Website Setkab Sumbar, Polisi Ciduk 2 Remaja

MataMataDot.com || Sumatera Barat – Nekat retas situs website milik Setkab Sumatera Barat (Sumbar), 2 remaja ada asal Padang Sumatera Barat kini berurusan dengan Pihak Polisi.

Polisi telah menetapkan pelaku peretasan situs website Setkab Sumbar sebagai tersangka dan keduanya sudah menjalani penahanan di Jakarta.

Dalam pers release di Gedung Divisi Humas Polri Jakarta, pada Senin (9/8/2021). Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan, mengungkapkan dua tersangka yakni BS alias Zyy berusia 18 tahun dan MLA atau Lutfifake usia 17 tahun.

Baca Juga : Israel Turun Tangan Pastikan Dugaan Penyalahgunaan Spyware NSO Group

“Kami menangkap dua orang pelaku peretasan situs/laman website Setkab RI di wilayah hukum Polda Sumatera Barat.” ungkap Kombes Pol. Ahmad Ramadhan.

Polisi menangkap Kedua pelaku di tempat terpisah. BS alias Zyy tertangkap pada Kamis (05/08/21) di wilayah Nanggalo, Sumbar. Polisi menyita barang bukti satu unit laptop atau komputer jinjing dan satu unit ponsel.

Selanjutnya, pada hari Jumat (06/07/21) pukul 13.00 WIB, giliran pelaku MLA yang masih berstatus anak di bawah umur ini. Polisi meringkusnya di Pasar Baru Nagari, Kabupaten Dharmasraya, Padang, Sumatera Barat.

“Dari tangan MLA, sita Barang bukti satu laptop dan dua unit ponsel,” beber Kombes Pol Ramadhan

Baca Juga : MataMata Spyware Pegasus, Bikin CEO Telegram dan WhatsApp Geram

Lebih lanjut, Kabag Penum Divisi Humas Polri menuturkan bahwa Pihak Polri menahan tersangka BS alias Zyy di Rutan Bareskrim Polri. Sedangkan, MLA yang masih berstatus anak di bawah umur di Bapas Anak, Cipayung, Jakarta Timur.

Atas perbuatan pelaku, keduanya terancam dengan Pasal 46 ayat (1), (2), dan (3) juchto Pasal 30 ayat (1), (2), dan (3), Pasal 48 ayat (1) juchto Pasal 32 ayat (1) dan Pasap 49 juchto Pasal 33 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. [Dot]

Komentar

Berita Terkait