oleh

Satu Unit Mobil Hanyut Terbawa Aliran Lahar Dingin di Lumajang diduga milik penambang

Video Lahar Dingin Semeru Seret Mobil di DAM Sumbersari Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, repost @lumajangsatu

matamatadot.com || Lumajang – Warga Lumajang, Jawa Timur, dihebohkan dengan sebuah video detik-detik mobil hanyut terbawa aliran banjir lahar dingin Gunung Semeru yang sempat viral di media sosial, Senin 8 Februari 2021.

Video berdurasi 30 detik tersebut memperlihatkan banjir lahar dingin yang cukup besar, membawa sejumlah material. Bahkan, terlihat sebuah mobil yang terjebak di pinggir jalan ikut hanyut terseret.

Hujan intesitas sedang hingga tinggi terjadi di Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Senin (8/02/2021) sejak pukul 13.00 WIB hingga pada sekitar pukul 15.30 WIB peristiwa banjir lahar dingin Gunung Semeru terjadi di Dusun Suputurang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang.

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi mengatakan PPGA (Pos Pengamatan Gunung Api) Semeru mencatat getaran banjir pada angka aman 22mm pada pukul 15.39 WIB. Secara visual debit air banjir aliran lahar di Dusun Sumbersari Desa Supiturang terpantau besar.

Peristiwa itu menyebabkan satu unit mobil hanyut terbawa aliran lahar. Mobil tersebut diduga milik penambang yang berada di kawasan terdampak banjir lahar dingin,”ujarnya

“Tidak korban jiwa, Untuk sopir kendaraan yang hanyut diketahui selamat dikarenakan sedang berada di luar kendaraan,” Ungkap.

Ia menambahkan bahwa Pipanisasi di Desa Supiturang kembali mengalami kerusakan dan krip penahan yang berada disekitar tanggul Kamar Kajang mengalami kerusakan.

BPBD Lumajang bakal meninjau ke lapangan pada Selasa, 9 Februari 2021. Selain itu, Pusdalops BPBD Lumajang telah berkoordinasi dengan kepala Desa Supiturang. Koordinasi tersebut dilakukan untuk melakukan peninjauan lapangan terkait dampak banjir lahar dingin. [mtm]

Komentar

Berita Terkait