oleh

Sayuran yang Paling Bagus untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes dianjurkan untuk banyak makan sayuran. Namun, tidak semua sayuran baik bagi mereka. Beberapa sayuran bagus dikonsumsi untuk penderita diabetes, yakni sayuran yang tidak memicu naiknya kadar gula darah.

Menurut WHO pasien diabetes di Indonesia mengalami kenaikan dari 8,4 juta jiwa pada tahun 2000 dan akan menjadi sekitar 21,3 juta jiwa pada tahun 2030. Tanpa upaya pencegahan dan program pengendalian yang efektif prevalensi tersebut akan terus meningkat. Sayuran harus menjadi bagian dari setiap diet, terutama bagi penderita diabetes. Sayuran yang paling bagus untuk penderita diabetes adalah sayuran yang memiliki kandungan gula yang rendah, sebaiknya sayuran tersebut ditambahkan ke dalam makanan mereka.

Sayuran Yang Harus Dimasukkan Orang Diabetes Dalam Makanan Mereka

Sayuran memiliki kandungan nutrisi dan serat yang penting bagi tubuh kita. Sayuran menjadi bagian penting dari makanan sehari-hari setiap orang. Untuk pasien diabetes, sayuran merupakan sumber makanan yang sangat baik, karena sayuran umumnya memiliki indeks glikemik rendah. Makanan dengan indeks glikemik rendah adalah hal yang baik, karena tidak membuat kadar glukosa darah seseorang meningkat dengan cepat.

Berikut adalah beberapa sayuran indeks glikemik rendah yang sangat baik:

Brokoli

Brokoli mengandung serat larut air 1,2-1,5g. Kandungan serat terutama serat larut air yang terdapat pada brokoli juga dapat membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah.Serat pangan mampu menyerap air dan mengikat glukosa, sehingga mengurangi ketersediaan glukosa. Sayuran non-tepung yang memiliki sedikit karbohidrat, brokoli mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu kita lebih sehat. Itu juga tidak menambah berat badan karena memiliki sangat sedikit kalori. Selain itu, brokoli mudah disiapkan dan dapat dengan mudah ditambahkan ke banyak hidangan.

Tomat

Relatif murah dan mudah disiapkan dengan GI rendah, tomat sangat cocok untuk penderita diabetes. Mereka bisa dinikmati mentah atau dimasak. Tomat memiliki antioksidan yang baik untuk jantung.

Bayam

Sayuran ini adalah salah satu sayuran berdaun hijau tersehat di luar sana dan bermanfaat tidak hanya bagi penderita diabetes, tetapi juga bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Seperti kebanyakan sayuran hijau, bayam juga mudah disiapkan.

Bit

Mengandung nutrisi seperti vitamin C dan mineral lainnya, bit merupakan sayuran umbi yang juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Wortel

Sarat dengan nutrisi seperti protein dan banyak serat, wortel sangat cocok untuk penderita diabetes dan memiliki skor GI 39.

Komentar

Berita Terkait