oleh

Tips Cepat Hamil Setelah menikah

Setiap pasangan yang sudah menikah pasti menginginkan cepat memiliki keturunan. Namun, banyak juga pasangan yang sudah menikah sampai bertahun-tahun bahkan puluhan tahun tetapi belum juga memiliki keturunan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang wanita susah hamil, diantaranya yakni endometriosis, usia yang terlalu tua, sumbatan pada saluran indung telur (tuba falopi), Gaya hidup yang tidak sehat, stress, kurang olahraga, siklus menstruasi yang tidak normal, mioma uterus, hipertiroidisme, jarang melakukan hubungan seksual, obesitas, masalah hormonal, dan kualitas sperma yang buruk.

Anda sebagai seorang wanita yang sudah menikah pasti ingin cepat hamil kan? Nah berikut ini beberapa tips agar anda cepat hamil:

MENERAPKAN DIET FERTILITAS

Diet ini dikembangkan oleh tiga dokter dari Harvard Medical School yang dituangkan dalam sebuah buku bertajuk The Fertility Diet. Ketiga dokter melakukan studi selama delapan tahun terhadap lebih dari 18 ribu perempuan. Mereka melakukan pemeriksaan komprehensif mengenai kaitan antara diet dan kesuburan. Hasilnya yakni diet dan olahraga dapat meningkatkan peluang hamil. Wanita yang gemuk atau obesitas memiliki peluang untuk mengalami infertilitas atau ketidaksuburan dibandingkan dengan wanita yang tidak gemuk/obese. Oleh karena itu, diet fertilitas sangat penting untuk diterapkan, diantaranya yakni menghindari makanan cepat saji atau junk food karena akan mengganggu proses ovulasi, makan makanan kaya serat, makan protein nabati atau berbasis tumbuhan bukan protein hewani (karena protein hewani berpengaruh terhadap hormon yang pada akhirnya akan mempengaruhi system reproduksi), menjaga berat badan (dengan Indeks Massa Tubuh/Body Mass Index (BMI) antara 20-24, karena wanita yang memiliki berat badan yang lebih ataupun kurang akan mempengaruhi siklus menstruasi dan ovulasi), dan rajin berolahraga.   

MENCATAT MASA SUBUR

Umumnya, masa subur wanita adalah 12–16 hari sebelum masa haid berikutnya. Dalam kata lain, rata-rata wanita mengalami masa subur di antara hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama haid terakhir. Hal tersebut berlaku bagi wanita yang mempunyai siklus haid teratur 28 hari. Namun, bila siklus Anda berbeda, Anda dapat mempelajari dan menghitung kapan masa subur.

Masa Subur Wanita

Umumnya, ovulasi terjadi sekitar 12–14 hari sebelum hari pertama haid selanjutnya. Sebenarnya, hari ketika terjadi ovulasi bergantung pada siklus haid Anda. Jika siklus haid pendek, misalnya hanya 22 hari, maka ovulasi dapat terjadi hanya beberapa hari setelah haid berakhir. Jadi, waktu ovulasi bisa berbeda pada tiap wanita. Untuk itu, penting bagi seorang wanita untuk mengetahui siklus haidnya sehingga dapat memperkirakan waktu ovulasi.

MENENTUKAN POSISI YANG TEPAT SAAT BERCINTA

Posisi yang tepat saat bercinta juga dapat mempercepat wanita untuk hamil loh. Diantara posisi yang bisa diterapkan adalah missionary position, glowing triangle, the anvil, doggy style, magic mountain, dsb.(HM)

Komentar

Berita Terkait