oleh

Tiru Situs Resmi PeduliLindungi.id, Kominfo Blokir Situs Palsu

MataMataDot.com || Jakarta – Meniru situs resmi PeduliLindungi.id, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir akses situs pedulindungia.com. Kominfo bertindak tegas, sebab situs PeduliLindungi.com terindikasi melanggar hukum yakni situs palsu yang menduplikasi situs Pedulilindungi.id.

“Situs pedulilindungia.com adalah situs palsu dan bukan situs resmi Pemerintah untuk melakukan penanganan COVID-19,” ucap Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi melalui siaran pers pada Kamis (9/9/2021).

Baca Juga : Kapolri : Pasang Aplikasi PeduliLindungi di Pusat Aktivitas Masyarakat

Kenapa Kominfo memutus akses Situs tersebut? Alasannya, Situs PeduliLindungia.com telah melakukan tindakan pelanggaran hukum, karena memakai atribut logo, gambar dan tampilan mirip situs resmi PeduliLindungi.id

Menurut Dedy Permadi, Kominfo memutus akses tersebut karena situs itu tidak ada hubungannya situs resmi PeduliLindungi.id milik Pemerintah.

Baca Juga : Polwan Ajak Driver Ojol dan Masyarakat Download Aplikasi PeduliLindungi

“Tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun,” terangnya.

Pemerintah memakai Aplikasi PeduliLindungi.id untuk melakukan upaya surveilans kesehatan sesuai Keputusan Menteri Kominfo Nomor 171 Tahun 2020 Tentang Penetapan Aplikasi Pedulilindungi Dalam Rangka Pelaksanaan Surveilans Kesehatan Penanganan Covid-19 beserta perubahannya.

Baca Juga : Dugaan Data Aplikasi eHAC Bocor, Kemenkes : Minta Pengguna Uninstal

Lebih lanjut, Kementerian Kominfo juga menghimbau kepada masyarakat supaya selalu waspada terhadap situs dan aplikasi palsu. Adanya situs mengatasnamakan PeduliLindungi.id berpotensi menyesatkan masyarakat.

“Kepada Masyarakat hanya mengakses situs resmi pedulilindungi serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play Store.” pungkasnya. [***]

Komentar

Berita Terkait