oleh

Waspada Cyber Crime ! Penipuan Atas Nama BCA, Kenali Ciri-Cirinya

Maraknya aksi penipuan atas nama BCA yang belakangan ini sering terjadi, tentu sangat membuat para nasabah merasa tidak nyaman. Kejahatan yang umum kita sebut dengan Cyber Crime ini memang bisa menyasar siapa pun.

Jika tidak waspada bisa saja kita sendiri yang menjadi sasaran. Salah satu contoh modus pelaku biasanya mengirimkan email palsu atau email phising.

Mengutip dari uny.ac.id, Phishing adalah usaha untuk mendapatkan suatu informasi penting dan rahasia secara tidak sah, seperti USER ID, PASSWORD, PIN, informasi rekening bank, informasi kartu kredit, atau informasi rahasia yang lain. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (memancing), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

Meski terlihat menakutkan, namun para nasabah BCA tidak perlu khawatir terhadap aksi pelaku Cyber Crime. Beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah kenali ciri-cirinya agar Anda tidak menjadi sasaran pelaku penipuan atas nama BCA.

Melansir dari laman resmi bca.co.id, PT Bank Central Asia atau BCA juga mengingatkan kepada para nasabahnya agar waspada terhadap email palsu atau email phising yang mengatasnamakan BCA.

Semakin canggih teknologi semakin canggih pula pelaku kejahatan melakukan aksi penipuan. Sekarang, penipuan atas nama BCA, pelaku tidak hanya dapat memalsukan nomor Handphone, akun sosmed dan website. Bahkan, pelaku Cyber Crime pun mampu meniru email resmi BCA.

“Hati-hati ya, sekarang tidak hanya memalsukan nomor telpon, akun sosial media dan website. Email resmi BCA pun sekarang dipalsukan oleh para fraudster (pelaku kejahatan) untuk tujuan phishing data nasabah yang akan dipergunakan untuk membobol akun rekening / kartu kredit milik nasabah.” tulis BCA dalam lamannya.

Email Resmi BCA

Lebih lanjut, BCA pun memberikan informasi kepada nasabah agar mengenali email resmi BCA dan kegunaannya. Seperti penjelasan di bawah ini :

1. [email protected] : Email resmi contact center Halo BCA, untuk menerima keluhan / pertanyaan dari nasabah.

2. [email protected] : Email resmi notifikasi transaksi kartu kredit BCA.

3. [email protected] (antara huruf “e” dan “Statement” tidak menggunakan tanda “-“) : Email resmi pengiriman billing statement kartu kredit BCA

4. [email protected] : Email resmi konfirmasi transaksi kartu kredit diluar kewajaran.

Kenali Ciri-Ciri Penipuan Email Palsu

Kemudian, tidak kalah pentingnya adalah Anda mengenali ciri-ciri penipuan email palsu berkedok BCA, di antaranya :

1. Perhatikan akun email pengirim (sender), biasanya mirip / serupa tapi tak sama dengan email resmi di atas atau di masking! Klik detil alamat sender, jika tidak sama dengan salah satu email resmi di atas, sudah pasti penipuan.

2. Email resmi tidak pernah memberikan link apapun. Email palsu biasanya memberikan link agar korban mengisi data pribadi!

3. BCA tidak pernah meminta nasabah untuk mengisi data-data pribadi melalui sarana apapun (telpon, email, social media, chat, dsb.)

4. Jaga selalu kerahasiaan data pribadimu seperti nomor kartu, PIN, CVV/CVC, OTP dll. #DatamuRahasiamu.

“Kenali email-email resmi BCA, agar jangan terpedaya oleh penipuan yang serupa tapi tak sama. Dan jaga selalu kerahasiaan datamu, jangan share melaui media apapun. Jika kamu sudah terlanjur kena penipuan ini, segera hubungi Halo BCA di 1500888.” tulis BCA

Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi para nasabah.

Komentar

Berita Terkait