oleh

Waspada, Varian Virus Corona Asal India Ditemukan di Kudus

matamadot.com || Kudus – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang sebelumnya sedang melakukan penelitian terkait munculnya virus varian baru B1617 asal India. Kini Varian Virus Corona Asal India di temukan di Kudus, warga di minta waspada. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberikan himbauan kepada warga Kudus untuk lebih waspada karena penularannya lebih cepat daripada varian virus sebelumnya.

Organisasi Kesehatan Dunia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga memberikan himbauan menjaga protokol kesehatan. Terutama saat berada di tempat umum yang terdapat banyak orang, masyarakat harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan jangan sekali-kali melepas masker.

Bahkan, untuk menyikapi hal itu Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah berencana menyediakan tempat isolasi mandiri terpusat. Kemudian, mengeluarkan kebijakan 7 hari di rumah saja sebab terdapat 28 orang warganya yang sudah terpapar Covid-19 varian B1617.

Langkah tersebut juga untuk mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Kabupaten Kudus. Bupati Kudus Hartopo menyampaikan, kebijakan satu minggu di rumah saja telah melalui serangkaian pertimbangan yang jelas berdasarkan Surat Edaran (SE) nomor 360/1323/04.03/2021.

Fakta Varian Virus Corona B1617

Varian baru Corona SARS-CoV-2 bernama B1617 sedang dalam penelitian intensif Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dengan sebutan double mutan karena memiliki kemampuan untuk bermutasi ganda.

Dari hasil penelitian, varian asal India ini memiliki berbagai bentuk, seperti B16171, B16172 dan B16173.

Sedangkan, B16171 dan B16172 pertama kali teridentifikasi di India pada Desember 2020. Dan jumlahnya juga meningkat sejalan dengan peningkatan kasus yang ada sekarang ini.

Sejak akhir April 2021, WHO sudah menggolongkan galur varian B1617 “naik kelas” sebagai Variant of Interest (VOI) atau yang sedang dalam proses penelitian secara intensif.

Hasil penelitian akan menentukan apakah kelompok VOI kembali ‘naik kelas’ dalam jajaran mutasi virus di kelompok Variant of Concern (VOC) bersama B1351 dan B117 yang perlu waspada. Kedua jenis varian ini kini sudah ada juga di Indonesia.

Komentar

Berita Terkait